Thursday, July 5, 2012

Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

BANDA ACEH - Empat unit toko di jalan Diponogoro atau tepatnya di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh terbakar. Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis (5/7/2012) malam.

Menurut informasi dihimpun Okezone di lokasi kebakaran, api mulanya muncul dari lantai dua toko swalayan Ramai, sekira pukul 20.00 WIB. Kemudian menjalar ke toko-toko di sampingnya.

"Sehabis azan isya tadi api mulai kelihatan, kemudian terus membesar," kata Syukri, seorang warga.

Saat api mulai membesar, pemilik-pemilik toko yang sederet dengannya langsung menyelamatkan barang-barang di dalamnya. Sepanjang deretan itu ada 11 pintu toko berlantai tiga yang 10 diantaranya pemiliknya warga negara Indonesia keturunan Tionghoa.

Akibat kebakaran jalan-jalan protokol di pusat kota macet total, karena warga berkurumun melihat api dan asap yang membumbung tinggi. Sehingga menyulitkan mobil pemadam kebakaran menembus lokasi. Kepolisian akhirnya menutup beberapa ruas jalan untuk umum, agar memudahkan lalu lalang mobil pemadam. 

Sejumlah armada pemadam baik milik Pemkot Banda Aceh, Pemda Aceh Besar dan Bandara Sultan Iskandar Muda dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Petugas sempat kewalahan menyemprot air ke dalam toko yang terbakar karena terhalang papan reklame besar besar yang tertempel di depan toko.

Untuk membantu pemadaman sekaligus menembus papan reklame itu, Polda Aceh mengerahkan seunit water canon. Api baru bisa dijinakkan empat jam kemudian. Belum diketahui sumber api penyebab kebakaran, namun dugaan sementara api berasal dari arus pendek listrik. Listrik disebagian kawasan Banda Aceh padam total saat kebakaran terjadi. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menelan kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Hingga pukul 00.30 WIB tadi, asap masih membumbung di lokasi kebakaran, namun lidah api tak terlihat lagi. Armada pemadam masih siaga dan terus berusaha memadamkan bara. Aparat kepolisian, TNI dan PMI masih berada di lokasi.

(sus)

Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Gallery

Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar Pertokoan Depan Masjid Raya Baiturrahman Aceh Terbakar

0 comments:

Post a Comment