Monday, July 23, 2012

Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat

Ilustrasi (Foto: Koran SI)
Ilustrasi (Foto: Koran SI)

MEDAN - Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Sumatera Utara menyebut ada 163 pengaduan kasus kekerasan terhadap anak. Sebanyak 46 di antaranya kekerasan seksual. Kasus kekerasan seksual terus meningkat, pada 2010 ada 153 kekerasan terhadap anak dan 25 di antaranya kekerasan seksual.

Ketua KPAID Sumut, Zahrin Piliang, mengatakan, sejak Januari hingga Juni tahun ini saja, tercatat 110 kasus yang melibatkan anak, paling tinggi juga kasus kekerasan seksual, yakni 56 kasus.

Jumlah kasus yang terjadi bisa lebih, karena KPAID menyebut data yang dilaporankan masyarakat. Sementara kasus-kasus yang tidak dilaporkan bisa lebih banyak lagi.

Para orangtua yang melapor ke KPAID umumnya menilai polisi mengabaikan kasus tersebut. “Banyak kasus kekerasan seksual yang dilaporkan ke polisi, namun banyak juga yang terbaikan,” ungkap Zahrin.

Zahrin menyebut satu kasus yang menyita perhatian menimpa seorang anak 8 tahun. Ppelakunya berinisial A pelajar kelas 3 SMA. Pelaku sudah ditangkap polisi, namun belakangan dibebaskan kembali.

Tingginya angka kekerasan seksual terhadap anak membuat Zahrin prihatin sehingga dia berharap di Hari Anak Nasional, kemarin, momentum untuk melindungi anak dari tindak kekerasan.

“Anak-anak harus segera dilindungi dari kekerasan seksual agar masa depannya bisa diselamatkan,” tutupnya.

(ton)

Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Gallery

Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Meningkat

0 comments:

Post a Comment