Tuesday, July 17, 2012

INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi

Ilustrasi (Okezone)
Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Ikatan Notaris Indonesia (INI) akan membenahi masalah database soal keanggotaan notaris di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberadaan notaris di Indonesia yang sudah terdaftar sekira 15 ribu orang.

Demikian dikatakan, Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) periode 2012-2015, Sri Rachma Chandrawati dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (17/7/2012).

"Ini sangat penting, sehingga masyarakat yang memerlukan jasa notaris tidak tertipu. Di database tersebut, akan tercatat nama, bahkan nomor induknya. Masyarakat juga bisa mengakses database itu," kata dia.

Sri Rachma Chandrawati sendiri terpilih sebagai ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) periode 2012-2015 berdasarkan kongres di Balai Sudirman, Senin 16 Juli lalu. Dia terpilih secara demokratis melalui mekanisme voting atau pemungutan suara dengan meraih 893 suara dari 907 pemilih dan mengalahkan enam kandidat lainya.

Selain masalah database, Sri Rachma Chandrawati juga akan lebih gencar menyosialisasikan soal etika profesi. Etika profesi inilah yang dia anggap paling penting untuk ditanamkan pada jiwa notaris.

"Sehingga dalam menjalankan tugas bisa lebih profesional dan tidak merugikan masyarakat," tegasnya.

INI, kata Sri, juga berkomitmen untuk tidak menghalang-halangi proses penegakan hukum bila ada anggotanya yang terlibat tindak pidana. Pasalnya, kata dia, tidak ada orang yang kebal hukum dan mempersilakan proses hukum dijalankan kepada anggotanya jika memang terbukti bersalah di mata hukum.

"Tentu kami akan memberikan bantuan hukum. Tapi, kami tidak akan pernah menghalang-halangi proses hukum, terlebih bila terlibat masalah korupsi," ujar Sri.

Sri Rachma Chandrawati siap membawa notaris Indonesia menjadi lebih profesional dan berjanji akan meningkatkan profesionalitas serta kredebilitas para notaris di Indonesia.  Hal ini semata untuk mengabdi pada masyarakat guna memberikan kepastian hukum.

"Saya mohon doa dan dukungan dari seluruh notaris Indonesia, stakeholder serta instansi terkait untuk berkontribusi pada masyarakat serta dan memberikan kepastian hukum," ujar Sri.
(put)

INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi Gallery

INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi INI Takkan Halangi Proses Hukum Notaris yang Terlibat Korupsi

0 comments:

Post a Comment