Saturday, July 14, 2012

Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau

AMBON - Akibat diterjang material longsor, sebuah sungai di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, berubah menjadi danau besar. Material longsor dari tebing gunung itu menutup total daerah aliran Sungai Wai Ela sehingga air tidak bisa mengalir.

Aliran sungai yang tersumbat material longsor Gunung Ulak Hatu (300 mdpl) itu membentuk danau dengan diameter sekira 200 meter serta kedalaman diperkirakan mencapai hampir 100 meter.

Material longsor, seperti tanah dan bebatuan, daerah aliran sungai di belakang Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Barat, Maluku Tengah. Longsor juga menutupi daratan berupa perkebunan yang ditanami ribuan pohon cengkeh. Tida terhitung kerugian akibat dampak bencana ini.

Tokoh masyarakat Desa Negeri Lima, Nan Heluth, Minggu (15/7/2012), mengatakan, akibat aliran air tertutup, sebagian wilayah di Desa Negeri Lima kekeringan. Ribuan warga kesulitan mendapat air bersih untuk mandi dan mencuci. Untuk dapat bertahan, warga menggali lubang di bekas sungai untuk sekadar mendapat air.

Selain itu, sambung Heluth, warga juga mengkhawatirkan ancaman banjir bandang jika material longsor tidak mampu menampung debit air Sungai Wai Ela yang setiap hari terus bertambah.

(Wahyudi Mirahadi/Sindo TV/ton)

Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gallery

Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau Gunung Longsor di Maluku, Sungai Berubah Jadi Danau

0 comments:

Post a Comment