Tuesday, July 24, 2012

322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi

Ilustrasi banjir bandang (Dok: Sindo TV/Wahyu Sikumbang)
Ilustrasi banjir bandang (Dok: Sindo TV/Wahyu Sikumbang)

PADANG - Akibat banjir bandang yang melanda Kota Padang, Sumatera Barat ternyata menyapu empat kecamatan, dari dua aliran sungai yaitu Batang Kuranji dan Batang Harau. Aliran Batang Kuranji melintasi Kecamatan Pauh, Kuranji, dan Nanggalo. Sementara Batang Harau melintasi Kecamatan Lubuk Begalung dan Padang Selatan.
 
“Dari empat kecamatan ini ada 10 kelurahan terparah, saat ini BPBD dan tim gabungan sedang melakukan evakuasi ke lokasi yang aman karena rumah warga tergenang air bercampur lumpur setinggi 1 meter lebih,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang, Dedi Henidal kepada Okezone, Selasa (24/7/2012).
 
Jumlah sementara yang dievakuasi saat ini ada sebanyak 322 kepala keluarga atau ribuan jiwa. Sementara warga saat ini membutuhkan air bersih sebab air bersih sudah tidak ada akibat tersapu banjir bandang.
 
“Dikelurahan Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo sempat mengevakuasi enam orang yang terjebak banjir bandang, tapi itu sudah diselamatkan,” ungkap Dedi.
 
Saat ini belum mengetahui jumlah kerusakan rumah akibat banjir bandang tersebut, namun saat ini tim dari BPBD sedang melakukan pendataan.
 
“Tadi saya dapat telefon ada yang terseret arus banjir bandang tersebut muara  kampus Universitas Bung Hatta, mereka ada empat orang diatas dua unit sampan sampai saat ini sedang diusahakan menyelamatkan warga,” ungkapnya.
 
Ketinggian air akibar banjir bandang ini sedalam dua meter, sementara di Kecamatan Nanggalo tempat penyaringan air bersih jebol.
 
“Kini korban sangat membutuhkan air bersih dan makanan apalagi nanti sahur tidak ada makanan, kita sudah koodinasi dengan dinas sosial untuk memberikan bantuan logistik,” tutupnya.
 
Sedangkan kondisi di 10 kelurahan yang terkena banjir bandang tersebut gelap gulita akibat aliran listrik yang mengaliri ke daerah itu terputus.

(ydh)

322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi Gallery

322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi 322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi 322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi 322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi 322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi 322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi 322 Kepala Keluarga Korban Banjir Bandang Dievakuasi

0 comments:

Post a Comment