Monday, June 11, 2012

Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur

Ilustrasi
Ilustrasi

SUMBA TIMUR - Puluhan hektare hutan mangrove (bakau) di wilayah pantai Kampung Bugis, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, diserang hama ulat bulu selama hampir dua pekan terakhir.

Berdasarkan pantauan, hamparan hutan mangrove itu meranggas karena daun dan rantingnya habis dilalap ulat bulu. Bahkan, sebagian tanaman pinggir laut tersebut mati.

Alvian, warga Kampung Bugis, menuturkan serangan hama ulat bulu menyerang pepohonan secara tiba-tiba dengan jumlah yang banyak. Tidak hanya bergelantungan di pohon, ulat bulu juga menyambangi perahu dan peralatan melaut para nelayan, sehingga mereka malas melaut lantaran takut terkena penyakit kulit.

"Warga di sekitar pantai sudah terserang gatal-gatal, sebagian nelayan jadi malas melaut karena ulat bulu juga ada di perahu dan alat mereka," terang Alvian, Selasa (12/6/2012).

Alvian berharap, pemerintah setempat tanggap terhadap serangan ulat bulu dengan menurunkan petugas dari instansi terkait untuk melakukan pembasmian, karena keberadaan hutan mangrove merupakan pelindung pemukiman dari terjangan air pasang dan gelombang tinggi.
(Dion Umbu Ana Lodu/Sindo TV/ris)

Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Gallery

Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur Ulat Bulu Serang Puluhan Hektare Mangrove di Sumba Timur

0 comments:

Post a Comment