Tuesday, June 12, 2012

Tidak Ada Sukses yang Instant


Judul : The Islamic Golden Rules
Penulis : Laode M. Kamaluddin dan A. Mujib El Shirazy
Penerbit : Ihwah Publishing House
Tahun Terbit : 2011
Jumlah Halaman : 213 halaman
    
Era Supra-Modern banyak mendorong orang untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu secepat mungkin. Termasuk keinginan orang dalam meraih kesuksesan, tak jarang orang ingin sukses dengan cara yang mudah dan secepat mungkin. Kemungkinan untuk itu pasti ada, tapi bukan itu keuntungan yang menjanjikan masa depan.
    
Seorang murid bela diri pergi menemui gurunya, dan berkata sungguh-sungguh, “Aku mengabdikan diri untuk belajar sistem bela dirimu. Berapa lama lagi waktu yang harus aku habiskan untuk menguasainya.” Jawaban gurunya, “Sepuluh tahun.” Tanpa sadar murid itu menjawab, “Tetapi aku ingin menguasainya lebih cepat dari itu. Aku akan bekerja keras. Aku akan mempraktikkannya sehari-hari, sepuluh jam atau lebih setiap hari bila perlu. Berapa lama lagi waktu yang aku butuhkan?” Guru berpikir sebentar, “Dua puluh tahun.”

Penggalan kisah seorang guru dan murid bela diri, terdapat dalam buku yang ditulis oleh Laode M. Kamaluddin dan A. Mujib El Shirazy, The Islamic Golden Rules. Kisah di atas merupakan sebuah ilustrasi bahwa untuk mencapai dan memiliki apapun kita tidak (bisa) dengan cara instan. Menurut pemahaman guru di atas, sang murid tidak akan bisa bela diri jika terburu-buru dan tidak menikmati prosesnya. Walaupun dengan berlatih seharian pun tetapi tidak menikmati prosesnya, maka itu hanya akan merusak dirinya sendiri akan mudah sakit bahkan mati bila memaksakan latihan seharian.    
    
Sebagai seorang profesor dengan berbagai prestasi, Laode M. Kamaluddin menulis buku ini dengan sepenuh hati dan sangat menginspirasi pembaca. Ditambah lagi dengan tulisan A. Mujib El Shirazy, buku ini semakin menjadi cemerlang dengan adanya tulisan tokoh yang disebut-sebut sebagai “Penutur Kejernihan Muslim Indonesia” ini.
    
The Islamic Golden Rule, selain memberi inspirasi dengan penggalan cerita di atas masih banyak yang lainnya yang tentu akan memberikan kita kebaikan. Buku ini akan menunjukkan bagaimana aturan emas Islam untuk meraih puncak kesuksesan dan kejayaan. Dengan dua bagian di dalamnya yakni, The Golden Islamic Role dan Renungan kejernihan.
    
Dengan itu buku ini terasa lengkap, dan cocok menjadi buku yang akan menginspirasi hidup kita, sebagai manusia, guru dan penuntut ilmu. Agar jalan yang dilalui searah dengan jalan yang Islam tunjukkan, maka dengan itu kita akan sukses dunia juga akhirat kelak.

Peresensi: Muhammad Rasyid Ridho
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang
Aktif di Forum Lingkar Pena Malang Raya dan Journalistik Club IKom UMM


(//mbs)

Tidak Ada Sukses yang Instant Gallery

Tidak Ada Sukses yang Instant Tidak Ada Sukses yang Instant Tidak Ada Sukses yang Instant Tidak Ada Sukses yang Instant Tidak Ada Sukses yang Instant Tidak Ada Sukses yang Instant Tidak Ada Sukses yang Instant

0 comments:

Post a Comment