Saturday, June 23, 2012

Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap

Ilustrasi pembagian masker
Ilustrasi pembagian masker

PEKANBARU - Kabut asap tebal yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Riau, membuat warga mengeluh. Pasalnya, mereka mulai terserang penyakit akibat menghirup udara kotor.

Penyakit yang dialami warga umumnya adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), iritasi mata, diare, serta muntah dan pusing. Anak di bawah umur merupakan kalangan rentan terkena dampak kabut itu.

"Belakangan ini napas saya sesak, tenggorokan sakit. Sekarang kalau keluar rumah harus pakai masker," kata Munir (56), warga Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau kepada okezone Sabtu (23/6/2012).

Kabut asal melanda daerah itu karena terjadinya kebarakan hutan dan lahan di sejumlah wilayah. Sedikitnya ada 60 titik api dalam peristiwa tersebut.

"Dua anak saya sekarang muntah-muntah dan pusing. Kita minta ada penanganan yang serius dari pemerintah menganai kabut asap ini," kata Sabar, salah satu warga Sukajadi Pekanbaru.     

Sementara itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi Riau mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama kabut asap berlangsung. Dinkes Riau mengaku telah membagikan masker gratis kepada warga.

"Ini demi kebaikan bersama. Jikapun keluar sebaiknya menggunakan masker," kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Riau Dewani.
(ris)

Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Gallery

Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap Terserang Penyakit, Warga Keluhkan Tebalnya Kabut Asap

0 comments:

Post a Comment