Wednesday, June 6, 2012

Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain


VIVAlife - Kala migrain menyerang, seketika aktivitas terhenti karena rasa sakitnya terasa lebih menyiksa ketimbang sakit kepala biasa. Apalagi jika sakit di sebagian kepala menyerang di tengah-tengah kesibukan.

Tak hanya pola hidup yang buruk dan stres yang menjadi penyebabnya. Ada penyebab yang lebih khusus bahwa gen 'wanita' merupakan salah satu penyebab migrain. Mungkin ini juga menjelaskan kenapa wanita lebih cenderung menderita sakit kepala akut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Griffith Australia, menemukan wilayah baru pada kromosom X yang memiliki hubungan terjadinya migrain. Hal ini juga memberikan bukti baru tentang bagaimana kerentanan gen terlibat.

Diketahui, wanita memiliki dua kromosom X sedangkan pria memiliki kromosom X dan Y. "Hasil ini memberi dukungan lebih untuk peran kromosom X pada migrain dan mungkin menjelaskan mengapa wanita lebih banyak menderita gangguan tersebut," ujar pimpinan peneliti Lyn Griffiths.

Seperti dilansir dari Daily Mail, para peneliti mengatakan lebih dari satu kromosom X yang mungkin terlibat. Mereka juga percaya sebuah gen terlibat dalam senyawa besi di dalam otak yang bermanfaat untuk penelitian lebih lanjut.

Penelitian ini berdasarkan penelitian Profesor Griffiths pada 300 penduduk di daerah terpencil Norfolk Isand, antara Australia dan Selandia Baru. Menurutnya, populasi di daerah ini sangat menguntungkan untuk melakukan penelitian genetik karena silsilah genetik dapat dengan mudah ditelusuri karena mereka bukan pendatang, melainkan penduduk asli daerah tersebut.

Hasil pendataan mendapatkan 12 persen dari populasi menderita migrain dan penderita wanita lebih banyak dari pria. Sayangnya, beberapa perawatan yang sangat baik untuk penyakit ini tidak bekerja untuk semua orang dan dapat menyebabkan efek samping yang merugikan.

"Oleh karena itu, sangat diperlukan pengobatan migrain yang baru berdasarkan genetik," ujarnya. (sj)

Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Gallery

Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain Studi: Gen Wanita Penyebab Migrain

0 comments:

Post a Comment