Monday, June 4, 2012

Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga

Ilustrasi
Ilustrasi

MINAHASA SELATAN - Status Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, terus meningkat. Gempa hembusan dan gempa tremor terjadi sejak Selasa pagi.

Berdasarkan pantauan seismograf di Pos Pengamatan Gunung Soputan di Desa Maliku, Kecamatan Amurang Timur, aktifitas gunung api itu fluktuatif, namun statusnya telah dinaikkan menjadi siaga. Kepulan asap tebal tampak keluar dari puncak kawah meski ditutupi kabut tebal.

"Sesekali terjadi gempa hembusan aktifitas gunung, dan gempa tremor," kata Asep Saifullah, petugas pemantau, Selasa (5/6/2012).

Dengan dinaikkannya status Soputan menjadi siaga, dia mengimbau warga yang berada di kaki gunung dan para pendaki untuk tidak melakukan aktifitas di radius enam kilometer dari puncak kawah. Karena gunung tersebut terus menunjukkan tanda-tanda akan erupsi.  "Kita terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk kemungkinan terjadinya erupsi," tambahnya.

Sementara Desa Maliko dan Desa Kotamenara, yang berjarak 6,5 kilometer dari puncak kawah, diimbau untuk waspada. Selain itu, Kabutapen Minahasa Tenggara juga diminta waspada, mengingat dampak erupsi bisa mencapai daerah tersebut.
(Supardi Bado Raja/Sindo TV/ris)

Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Gallery

Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga Status Gungung Soputan Naik Jadi Siaga

0 comments:

Post a Comment