Tuesday, June 12, 2012

Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu

Sherny Kojongian (foto: dok Okezone)
Sherny Kojongian (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Petualangan terpidana kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Sherny Kojongian, berakhir setelah dideportasi Pemerintah Amerika Serikat. Perempuan berambut panjang itu kabur ke Negeri Paman Sam sejak 1998 lalu.

Sherny dipidana terkait kasus korupsi dan perbankan Bank BHS. Dia sudah divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dia pergi ke AS menggunakan paspor nomor H130301 yang berlaku sejak 21 Oktober 1998 hingga 21 Oktober 2003.

"Pada 2003, Sherny mendapat green card untuk menjadi warga negara Amerika," kata Wakil Jaksa Agung, Dharmono, saat jumpa pers di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (13/6/2012).

Setahun kemudian, Sherny mengajukan permanent residence. Belum puas dengan green card yang didapatnya, pada 2009 perempuan berkulit putih itu ingin menjadi WN Amerika secara sah dengan mengajukan naturalisasi.

Pada 2006, Sherny masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Red notice kemudian dikirim ke kantor pusat Interpol di Lyon, Prancis. Kemudian, Pemerintah AS meminta kelengkapan dokumen-dokumen yang menyatakan yang bersangkutan merupakan orang yang sedang  dicari.

Pada 16 November 2010, Sherny ditahan oleh otoritas imigrasi Amerika. Kemudian dilakukan sidang keimigrasian, dengan putusan harus dideportasi ke Indonesia. Sherny sempat mengajukan banding, tapi ditolak.

Pemerintah AS, melalui Interpol, memberitahu pemerintah Indonesia agar yang bersangkutan dideportasi.

Pada 11 Juni 2012 baru dilakukan deportasi dari San Fransisco ke Jakarta, yang dilakukan oleh informan AS, imigrasi, polisi, Home Land Security dari AS, dan Senior Lisince dari Kepolisian Indonesia di WDC, yaitu Brigjen Pol Arif Wicaksono.

Sherny Kojongian tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, pagi tadi sekira pukul 08.35 WIB didampingi pengacaranya. Tiba di Tanah Air, Sherny langsung digelandang ke Rutan Pondok Bambu, Tangerang.
(trk)

Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Gallery

Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu Sherny, dari San Fransisco hingga Rutan Pondok Bambu

0 comments:

Post a Comment