Tuesday, June 26, 2012

Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo

Lumpur Lapindo
Lumpur Lapindo

SURABAYA- Polisi diminta serius untuk menyelidiki hilangnya penulis buku berjudul Lapindo File Konspirasi SBY-Bakrie? Ali Azhar Akbar yang telah menghilang antara Selasa, 19-22 Juni 2012.

"Seharusnya Polisi proaktif untuk mengusut tuntas hilangnya penulis buku Lapindo. Ini dilakukan agar tidak muncul berbagai dugaan di masyarakat, terlebih lagi buku yang ditulisnya (Ali Azhar) mencatut sejumlah nama-nama besar di negeri ini," kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Timur, Catur Nusantara, kepada Okezone, Selasa (26/6/2012).

Catur mengatakan, dirinya memang pernah berkomunikasi dengan Ali Azhar Akbar. Pasalnya, Catur dan Ali Azhar sangat konsern terhadap korban semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo. Ali sendiri mulai turun ke lapangan sejak 2006 lalu.

"Pada 2006 lalu, dia (Ali Azhar Akbar) turun ke lokasi semburan, dan berlanjut dengan diskusi-diskusi dengan sejumlah elemen yang konsern terhadap korban Lapindo termasuk dengan Walhi Jatim," terang Catur.

Dia menduga, hilangnya penulis buku Lapindo itu karena isi buku yang berani. Ada dugaan juga, lanjut Catur, Ali Azhar sengaja menghilang karena menerima berbagai teror dari pihak-pihak yang tidak terima dengan isi buku tersebut.

Kalau memang penulis buku Lapindo itu berlindung dari pihak-pihak yang akan mencelakainya, tentunya pihak Kepolisian harus proaktif memberikan perlindungan.

"Atau bisa jadi sengaja dihilangkan, agar tidak memunculkan isu-isu tidak sedap. Polisi harus proaktif meski tidak ada laporan," ujar Catur.

Terakhir, Catur mengaku bertemu dengan Ali Azhar pada 2010 lalu. Saat itu, dia terlibat dalam diskusi terkait Lapindo.

Seperti diberitakan, Ali tidak muncul saat peluncuran buku dan diskusi publik nasional Lapindo File Konspirasi SBY-Bakrie? di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Jumat, 22 Juni 2012 lalu.

Sebelum menghilang, alumnus Teknik Perminyakan ITB itu diketahui mendapat sejumlah teror dari organisasi massa (Ormas Kepemudaan) di Bandung.
(kem)

Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Gallery

Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo Polisi Diminta Serius Usut Hilangnya Penulis Buku Lapindo

0 comments:

Post a Comment