Monday, June 11, 2012

Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua

Ilustrasi (Okezone)
Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Konflik yang terjadi di Papua seperti tidak ada habisnya, aksi teror penembakan oleh orang tak dikenal belakangan marak terjadi. Mantan Kabareskrim Komjen (purn) Ito Sumardi mengatakan penambahan pasukan di bumi Cendrawasih tidak akan menyelesaikan permasalahan.  
“Mungkin perlu dipertimbangkan soal penambahan pasukan tidak menyelesaikan masalah,” kata Ito saat berbincang dengan Okezone, Selasa (12/6/2012)
 
Ito menambahkan bahwa insiden-insiden yang terjadi di Papua bukanlah kriminal biasa.
 
“Ya masalahnya susah, ini bukan kriminal saja, ada masalah sosial, politik. Memang harus ditinjau sebagai konprehensif,” ungkapnya.
 
Sebelumnya Kepala BIN Marciano Norman menyebut, kelompok yang teridentifikasi menebar teror di Papua belakangan ini adalah Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dia juga mengatakan adanya sinergi antara TPM OPM dengan kelompok politis di kota. Namun, Norman tidak menyebutkan secara detail kelompok politik yang dimaksud.
 
Sementara Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Julian Aldrin Pasha, mengungkapkan, kondisi keamanan di Papua secara umum kondusif.
Presiden telah mendapat laporan dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Panglima TNI dan Kapolri tentang insiden penembakan terhadap tukang ojek oleh oknum tertentu.  Dia berharap aparat keamanan setempat segera mengungkap pelakunya.

Dia mengklaim bahwa situasi keamanan di Papua secara umum  kondusif. “Yang pasti secara umum kondisi di Papua itu kondusif untuk keamanannya,” kata Julian, Senin 11 Juni lalu.

(ydh)

Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Gallery

Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua Penambahan Pasukan Tak Akan Selesaikan Konflik di Papua

0 comments:

Post a Comment