Monday, June 11, 2012

Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI

Foto: (dok okezone)
Foto: (dok okezone)

JAKARTA - Siapapun nanti yang akan ditunjuk menjadi Duta Besar (Dubes) Indonesia, hendaknya harus mampu memberikan perlindungan secara maksimal kepada warga negara Indonesia yang berada di negara tersebut, terlebih yang berstatus sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), Ifdhal Kasim.
 
"Menurut saya salah satu ukuran yang perlu dinilai oleh DPR terhadap Dubes yang akan ditempatkan adalah komitmen memberikan perlindungan terhadap TKI," kata Ifdhal saat dihubungi Okezone, Senin (11/06/2012).
 
Selain itu, Kasim juga menambahkan bahwa Dubes tersebut harus benar-benar menguasai wilayah yang akan dijadikan tempatnya bertugas. Misalnya menguasai karakteristik dan budaya masyarakat setempat.
 
"Dubes yang dipilih oleh DPR harus betul-betul menguasai soal medan, permasalahan, untuk meningkatkan perlindungan terhadap pekerja-pekerja migran. Termasuk negara-negara penerima terbesar dari pekerja migran kita," imbuhnya.
 
Selain itu Dubes juga dituntut dapat memahami psikologi para pekerja migran Indonesia. Pasalnya, mereka yang kebanyakan bergelut di bidang pekerjaan kasar mudah terprovokasi.
 
"Karena TKI kita kan orang yang tidak punya keahlian. Karena itu kan ini punya karakteristik, yakni lemah dalam perlindungan, dan rentan diprovokasi. Karena tenaga seperti ini banyak, jadi mereka mudah (terprovokasi) sehingga keamanan kerja mereka sangat rendah," jelasnya.
 
Ifdhal lebih condong menyoroti permasalahan tenaga kerja asal Indonesia, dikarenakan akhir-akhir ini sangat marak aksi penganiayaan terhadap tenaga kerja Indonesia yang dilakukan oleh majikan mereka, terutama yang terjadi di Malaysia.
 
"Malaysia ini kan tidak ada Dubes sudah lama. Untuk Malaysia karena memang kasus TKI di Malaysia sangat banyak. Antara lain begitu banyak TKI kita yang akan menjalani hukuman gantung. Juga ada kasus penembakan, serta gelombang pengungsian. Kita memerlukan duta-duta besar yang memiliki koimitmen, integritas. Dubes-dubesnya harus diuji komitmen mereka," tutup Kasim.

(ydh)

Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Gallery

Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI Dubes Harus Perjuangkan Nasib TKI

0 comments:

Post a Comment