Saturday, June 16, 2012

Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor

Ilustrasi (Foto: okezone)
Ilustrasi (Foto: okezone)

BULUKUMBA- Sejumlah warga Desa Tamaona, Kecamatan Kindang, Bulukumba mendesak Pemerintah Kabupaten Bulukumba segera melakukan perbaikan terhadap Jalan poros Tamaona-Kindang yang terkena longsor beberapa hari lalu. Kondisi jalan tersebut semakin parah dan membahayakan penguna lalulintas di desa ini.
   
Salah seorang warga Tamaona Iwan mengatakan, pihaknya berharap Pemkab bersikap serius terhadap keluhan warga dengan melakukan perbaikan karena kondisi jalan poros yang mendesak. Sebab, jika dibiarkan tanpa ada upaya memperbaiki segera dikhawatirkan akan menelan korban. Apalagi, jalan ini menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Rilau Ale'.

"Harus ada perbaikan. Jangan nanti ada korban baru Pemkab turun melakukan perbaikan," ucapnya, Sabtu (16/6/2012).
   
Selain itu, perlunya segera dibenahi karena semakin parah dan terancam putus total. Apalagi, curah hujan diwilayah ini terus turun pada malam hari, sehingga berpotensi kembali longsor susulan.
"Sekarang masih dilalui kendaran. Tapi, kalau longsor kembali yakin akan putus. Ini akan merugikan warga karena poros ini merupakan satu-satunya penghubung dengan Desa lain baik di Kindang maupun di Rilau Ale',"ungkap Iwan.
  
Iwan mengungkapkan, pihaknya menginginkan perbaikan segera karena wilayah Kindang sedang memasuki panen cengkeh. Sehingga transportasi harus mendukung lebih memudahkan warga mengangkut hasil cengkehnya.

"Kalau poros ini rusak warga harus memutar lewat Desa Anrihua baru ke Desa Kindang. Padahal, kalau poros Tamaona-Kindang paling 30 menit sudah sampai. Ini harus dipikirkan Pemkab Bulukumba supaya tidak menunda perbaikan," harapnya.
   
Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba Andi Mustamin Patawari Philips mengemukakan, melihat kondisi jalan semakin hari semakin rusak parah memang perlu ada perbaikan cepat dari Pemkab Bulukumba. Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut tanpa perbaikan, kemungkinan akan putus total.

"Kalau putus semua warga mau lewat mana lagi. Sedangkan poros ini alternatif menuju Desa Kindang," ungkap legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Gantarang-Kindang Bulukumba ini.

Andi Mustamin berjanji pihaknya segera melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Bulukumba Harun, supaya ini menganggarkan perbaikannya demi mengantisipasi longsor susulan. Apalagi, hujan di Desa Tamaona tiap hari turun sehingga memungkinan ada lagi longsor.

"Harus dibuatkan beton penahan tanah. Sebab, diwilayah ini daerah pengunungan, berbeda dengan Kecamatan lain di Bulukumba," ujarnya.
(Syamsir/Koran SI/crl)

Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Gallery

Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor Pemkab Bulukumba Didesak Perbaiki Jalan Longsor

0 comments:

Post a Comment