Saturday, June 16, 2012

Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Ketua Komisi I  DPR RI Mahfudz Siddiq, mengatakan, hasil kunjungan Komisi I ke Papua seminggu lalu berbuahkan satu kesepakatan agar wakil rakyat segera membuat Panja soal Papua.
 
”Komisi I sudah bersepakat akan segera membuat Panja khususnya masalah Papua yang akan mendorong pemerintah untuk sesegera mungkin membuat suatu kebijakan, design, solusi Papua secara komprehensif dengan cara-cara damai,” kata Mahfudz seusai diskusi Polemik Sindo Radio di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2012).


Dia menambahkan Panja akan dibentuk paling lama dua minggu kedepan. Secara prinsip dalam pembicaraan informal ini, kita sudah sepakat.
 
“Tapi ini masih perlu satu step yaitu keputusan rapat intern. Secara informal gagasan ini juga kami komunikasikan ke berbagai pihak di pemerintah,” tuturnya.


Menurutnya, Panja tidak difungsikan untuk menginvestigasi kasus karena hal itu sudah banyak informasi dari banyak kalangan.
 
“Yang jadi masalah sekarang, dan ini yang sedang ditunggu masyarakat Papua. Kami sudah lama punya masalah, pemerintah pusat ini mau menyelesaikan dengan cara apa dan bagaimana. Ini yang tidak jelas,” bebernya.
 
Dikatakan kembali, daripada akumulasi kekecewaan dan ketidakpuasan ini membesar dan tidak terbendung dan negara punya masalah serius, maka Panja akan coba didorong. Diharapkan sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turun dari pemerintahannya, masalah ini itu sudah selesai.


“Memang kami akhirnya, berkesimpulan bahwa sampai hari ini pemerintah belum punya satu konsep yang utuh, komprehensif di dalam menyelesaikan masalah Papua. Sehingga kami sangat khawatir segala solusi dan program yang dilakukan selama ini bersifat sektoral dan tidak akan tuntas menyelesaikan masalah itu,” ungkapnya.

(ydh)

Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Gallery

Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua Komisi I DPR Akan Buat Panja Papua

0 comments:

Post a Comment