Tuesday, June 19, 2012

PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie

Foto: Koran Sindo
Foto: Koran Sindo

JAKARTA - Sumpah pocong kerap kali dilakukan oleh politikus guna meyakinkan jika dirinya tidak melakukan tindakan korupsi. Seperti yang dilakukan oleh Ketua DPR Marzuki Alie, dia siap melakukan sumpah pocong untuk membuktikan dirinya tak terlibat dalam perkara Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) maupun menerima dana sebesar Rp300 miliar.

Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU, Arwanie Faishal, menilai sikap yang dilakukan Marzuki Ali tersebut merupakan sikap terbuka yang baik.

"Sumpah pocong, atau sumpah seperti Wallohi bisa saja baik tetapi konteksnya tidak bisa dipakai sembarang tempat, dan itu menurut saya pernyataan sikap dia (Marzuki Ali) merupakan sikap terbuka, maka jangan sampai atas pernyataanya itu penegakan hukum jadi terhenti," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Selasa (19/6/2012).

Menurutnya, sikap Marzuki yang langsung menantang untuk disumpah pocong ketika disebut-sebut menerima dana dari Wa Ode merupakan haknya secara pribadi.

"Itu merupakan hak Alie secara pribadi, dan sulit diukur persoalan siap atas sumpah pocongnya, saya setuju niat baiknya keterbukaanya, tetapi yang saya tidak setuju praktek sumpah pocongnya. Memang sumpah pocong tradisi Islami tetapi prakteknya seperti orang mati," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Marzuki Ali kembali menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak terlibat atau menerima uang dari proyek PPID seperti yang telah dituduhkan oleh Wa Ode Nurhayati. Bahkan, untuk membuktikan dirinya bersih, Marzuki bersedia melakukan sumpah pocong.

“Kalau ada jawaban ini, karena sulit dibuktikan, saya bersedia bersumpah atas nama Allah bahwa saya akan dilaknat 7 turunan. Kalau memang sumpah pocong diperlukan agar suasana sakral terbangun, di depan para ulama Indonesia. Menggunakan teknologi seperti lie detector saya pun bersedia,” ungkapnya.

(sus)

PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie Gallery

PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie PBNU Tidak Dukung Sumpah Pocong Marzuki Alie

0 comments:

Post a Comment