Sunday, June 17, 2012

LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah

ilustrasi (Foto:Ist)
ilustrasi (Foto:Ist)

JAKARTA- Kisruh internal Partai Demokrat dan dugaan keterlibatan sejumlah elit Demokrat dalam kasus wisma altet SEA Games dan sport centre Hambalang membuat elektabilitas Demokrat menurun. Selain itu Demokrat terancam menjadi partai tengah.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Pada Januari 2011 elektabilitas Demokrat sebesar 20,5 persen, Juni 2011 turun menjadi 15,5 persen. Oktober 2011 elektabilitas Demokrat naik menjadi 16,5 persen, sementara Januari 2012 anjlok ke angka 13,7 dan Juni 2012 menjadi 11,3 persen.

"Demokrat terancam jadi partai tengah jika tidak secara cepat kasus tersebut dituntaskan. Pemerintahan SBY tidak melakukan tindakan dan upaya untuk memperbaiki kondisi bangsa juga akan mengancam dan akan menurunkan elektabilitas Demokrat," ujar Adjie Alfariby di kantornya Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/6/2012).

Tak hanya dukungan kepada partai saja yang kecil, lanjutnya, dukungan capres dari Demokrat juga kecil. Hal itu terlihat dari hasil survel LSI kepada nama-nama kandidat capres dari Demokrat.

Ani Yudhoyono menempati posisi paling tinggi sebesar 12,6 persen, diikuti oleh Anas Urbaningrum 4 persen, Andi Mallarangeng sebesar 3,8 persen, sementara Gubernur Jawa Timur Soekarwo menempati posisi keempat dengan 3,3 persen, setelah itu ada nama Djoko Suyanto 3,3 persen dan Marzuki Alie 2,5 persen.

Sementara hasil survei berbeda ditunjukan oleh capres dari Partai Golkar yaitu Aburizal Bakrie yang menempati urutan tertinggi sebesar 20,1 persen, diikuti Sultan Hamengku Buwono X 11,3 persen, Jusuf Kalla 11 persen, Akbar Tandjung 2,9 persen, Fadel Muhammad 1,3 persen dan Theo Sambuaga 0.3 persen.

"Rendahnya dukungan kepada capres Demokrat. Demokrat terancam hanya bisa mencalonkan cawapres, karena tidak ada figur yang tepat," tuturnya.

Sementara kokohnya nama Ical sapaan Aburizal Bakrie karena terbantu dengan program penghargaan budaya Jawa disertai dengan iklan yang masif serta program UKM yang terus bergulir. "Ical yang paling kuat mengalahkan yang lain," ucapnya.

(ugo)

LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah Gallery

LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah LSI: Demokrat Terancam Jadi Partai Tengah

0 comments:

Post a Comment