Monday, June 4, 2012

Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS

Ilustrasi
Ilustrasi

MEULABOH - Sebanyak 255 peserta dari berbagai kalangan mengikuti kompetisi dorong perahu di Pantai Lhok Geudong, Suak Indra Puri, Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Acara itu dikemas dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) dan memperingati Hari Ulang Tahun Korem 012 Tengku Umar yang jatuh hari ini.

Berdasarkan pantauan, kompetisi yang baru pertama kali digelar itu diikuti oleh para nelayan, anggota TNI, anggota lembaga swadaya masyarakat, mahasiswa, dan masyarakat. Aturannya, dalam satu tim terdiri dari dua orang peserta yang bekerja sama mendorong perahu kayu hingga ke tengah lautan, lalu mengitari pelampung sebelum kembali lagi ke tepian. Pemenangnya adalah tim yang mencatat waktu tercepat dalam menyelesaikan misi tersebut.

Perlombaan yang kadang mengundang gelak tawa ini juga membuat hati penontonnya {dagdigdug}. Bagaimana tidak, sejumlah peserta nyaris tenggelam karena mengalami keram otot saat berada di air. Beruntung, panitia pelaksana dari Dandim 0105 Aceh Barat senantiasa siaga sehingga mereka segera diselamatkan.

"Semoga acara semacam ini sering diadakan. Karena selain sebagai hiburan, bisa saja perlombaan ini jadi tradisi untuk menggaet wisatawan," kata Dera, penonton kompetisi itu, Selasa (5/6/2012).

Sementara itu, menurut seorang warga sekitar, acara tersebut merupakan rangsangan bagi mereka yang tinggal di pesisir pantai untuk menghilangkan trauma pascatsunami 2004 silam. Selain itu, acara itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

 "Kami merasa terhibur dengan adanya acara ini. Semoga acara terus dilakukan dan laut tetap terjaga kelestariannya," harapnya.
(Ofan Torang/Sindo TV/ris)

Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Gallery

Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS Lomba Dorong Perahu Ramaikan Peringatan HLHS

0 comments:

Post a Comment