Monday, June 18, 2012

Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II)


VIVAlife - Kanker masih menjadi momok bagi masyarakat. Belum ada obat. Penyebab pastinya pun masih misterius. Tak heran, jika kanker dianggap sebagai penyakit pembunuh yang menyumbang angka kematian dini terbesar di berbagai pelosok dunia.

Jika sebelumnya kita sudah mengenal beberapa jenis kanker pengintai wanita, berikut adalah lima jenis kanker yang rentan menyerang kalangan pria, seperti dikutip ivillage.com.

Kanker prostat
Menurut American Urological Association, kanker non-kulit ini merupakan kanker yang paling umum pada pria. Sekitar 2 dari 3 kanker prostat ditemukan pada pria di atas 65 tahun.

Gejala: Gejala-gejalanya meliputi kesulitan ereksi, keluar darah dalam urin, nyeri pinggul dan tulang rusuk, dan mati rasa di sekitar kaki.

Pencegahan: Bicarakan dengan dokter tentang tes skrining jika Anda berusia 50 tahun atau lebih, termasuk jika Anda hendak melakukan tes darah PSA dan pemeriksaan rectal secara digital (DRE).

Kanker testis
Kanker ini biasa terjadi pada pria usia 20 sampai 35 tahun, meskipun dapat mempengaruhi laki-laki dari segala usia.

Gejala: Jika pria menemukan benjolan atau pembengkakan pada testis, yang biasanya tidak sakit, atau mengalami rasa berat pada perut bagian bawah atau skrotum, ia harus ke dokter secepatnya.

Pencegahan: Pria mesti tahu apa yang normal untuknya, dan dokter harus mengecek testikelnya selama pemeriksaan kesehatan biasa.

Kanker kandung kemih
Kebanyakan dialami orang usia 55 atau lebih, dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Gejala: Darah dalam urin dan buang air kecil lebih sering.

Pencegahan: Tes skrining tidak disarankan bagi kebanyakan orang, kecuali Anda memiliki risiko tinggi seperti pernah bekerja dengan bahan kimia, entah itu pelukis, penata rambut, atau teknisi. Jika Anda mengalami gejala-gejala, dokter akan menentukan apa tes diagnostik yang cocok untuk Anda. Apakah Anda harus melakukan urine culture atau cystoscopy.

Kanker perut
Sekitar 21.320 kasus kanker perut akan ditemukan tahun ini, menurut American Cancer Society. Kanker ini pun biasanya memengaruhi orang-orang pada usia 65 tahun atau lebih. Risiko sedikit lebih tinggi untuk pria daripada wanita.

Gejala: Kanker perut stadium dini seringkali tidak menimbulkan gejala. Tetapi, gejala yang paling umum adalah sakit atau ketidaknyamanan pada perut, kesulitan menelan, mual, muntah, rasa kembung setelah makan, dan turunnya berat badan.

Pencegahan: Tidak ada pemeriksaan rutin, tetapi pemeriksaan fisik secara lengkap dapat membantu dokter memutuskan apakah tes lainnya, seperti endoskopi bagian atas untuk melihat kerongkongan, lambung dan usus, harus dilakukan.

Kanker hati
Kanker hati lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Gejala: Kanker hati dini mungkin tidak memiliki gejala apa pun. Tapi, kalau menjalar bisa menimbulkan rasa sakit di perut bagian atas di sisi kanan, benjolan di perut bagian atas, kembung, hilang nafsu makan, mual dan muntah, kulit kuning, serta urin berwarna gelap.

Pencegahan: Tes skrining tidak disarankan untuk orang yang berisiko rata-rata, tetapi individu berisiko tinggi (penderita sirosis, hepatitis B atau C, serta mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker hati) dapat melakukan tes darah dan USG. (art)

Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Gallery

Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II) Kenali Gejala Kanker Pengintai Pria (II)

0 comments:

Post a Comment