Monday, June 18, 2012

Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya


VIVAlife - Yogyakarta agaknya masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Selain Malioboro yang sangat ikonik, kota ini menyimpan beragam potensi wisata yang bisa membuat turis jatuh cinta. Bahkan, bersumpah untuk kembali.

Bagi yang ingin menikmati sejuknya alam pegunungan, kawasan utara Yogyakarta bisa menjadi rujukan. Menyusuri Jalan Kaliurang menuju Lereng Merapi, kita bisa menjelajah kuliner 'jadah tempe', wisata volcano, dan yang paling seru mampir ke Museum Ullen Sentalu.

Ullen Sentalu. Lokasi museum seni dan budaya ini memang tak terlalu mencolok. Dari luar hanya tampak seperti benteng batu di tengah pepohonan rindang.

Begitu memasuki gerbang utama museum ini, seorang pemandu segera menyambut dengan ramah. Mengajak kita memasuki lorong bawah tanah dengan dinding-dinding batu dan pencahayaan yang dramatis.

Di dalam lorong itu, terdapat sejumlah ruang yang menampilkan sejumlah koleksi: kain batik kuno, foto dan lukisan keluarga keraton, surat-surat yang ditulis para pujangga keraton, serta penuturan lisan para kerabat keraton tentang kehidupan mereka di dalam keraton.

Museum Ullen SentaluDi salah satu ruang, pemandu bahkan memberi kita kejutan dengan jamuan segelas minuman yang merupakan racikan khas keraton. Penjelasan pemandu yang ramah berpadu interior museum yang cantik dan terawat dijamin tak akan membuat kita bosan.

Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Gallery

Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya Eksotika Tersembunyi di Kaliurang Yogya

0 comments:

Post a Comment