Monday, June 11, 2012

Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri


JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengadakan pertemuan khusus dengan Dirjen International Labour Organitation (ILO) Guy Ryder di sela-sela sidang International Labour Conference ke-101 di Jenewa, Swiss.

Dalam pertemuan itu, dibicarakan empat poin utama. Yaitu penyusunan kerangka hukum pelaksanaan jaminan sosial, peningkatan kesempatan kerja kaum muda untuk mendorong penurunan target pengangguran menjadi sebesar 5 persen pada 2014, penanganan perlindungan TKI. Serta pelaksanaan prinsip dasar di tempat kerja yang telah termuat dalam 8 konvensi dasar ILO.

Muhaimin juga mengundang Guy Ryder yang baru saja terpilih sebagai Dirjen ILO masa jabatan 2012-2017, datang ke Indonesia untuk memberikan masukan-masukan bagi perkembangan pembangunan sektor ketenagakerjaan.

“Pemerintah mengajak Dirjen ILO yang baru ke Indonesia agar kerjasama yang selama ini terbina baik dapat ditingkatkan dalam menghadapi tugas-tugas dan permasalahan ketenagakerjaan yang terjadi di Indonesia,” ujar Muhaimin dalam keterangannya, Senin (11/6/2012).

Dalam kesempatan ini, Menakertrans berharap ILO membuat kebijakan yang tegas dan mengikat 184 negara anggotanya, sehingga mereka benar-benar menekankan dan melaksanakan aspek perlindungan bagi tenaga kerja migran. “Hal ini harus menjadi perhatian khusus dan prioritas kerja ILO ke depan,” kata Muhaimin.

Terkait konvensi ILO, Menakertrans menjelaskan selama ini pemerintah Indonesia telah meratifikasi konvensi dasar ILO yang di dalamnya memuat ketentuan penghapusan kerja paksa, kebebasan berserikat dan berunding, anti diskriminasi di lingkungan kerja dan konsultasi tripartit. Termasuk Konvensi internasional tentang perlindungan hak semua pekerja migran dan anggota keluarganya.

Selama ini, kata Muhaimin, Indonesia telah menerapkan konvensi-konvensi dasar ILO dalam ketenagakerjaan. Namun, memang masih dibutuhkan asistensi, pengarahan dan pengawasan dalam kerangka pelaksanaan dari ILO.

Oleh karena itu, pemerintah juga berharap lebih banyak orang Indonesia yang bisa bekerja di ILO. Saat ini hanya terdapat satu orang Indonesia yang bertugas di kantor ILO Asia Pasifik di Bangkok.

(ful)

Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Gallery

Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri Cak Imin Minta ILO Bantu Lindungi TKI di Luar Negeri

0 comments:

Post a Comment