Thursday, June 7, 2012

BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran

(Heru Haryono/okezone)
(Heru Haryono/okezone)

BANDA ACEH - Cuaca ekstrem melanda Aceh sejak dua pekan terakhir. Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan, pengguna jasa pelayaran dan penerbangan untuk waspada.
 
Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Martuah Sinaga mengatakan, kecepatan angin dari arah barat Aceh saat ini, mencapai 22 knot atau berkisar antara 30 hingga 40 kilometer per jam.
 
"Di Banda Aceh dan Sabang kecepatan angin maksimal mencapai 40 kilometer per jam," kata dia pada wartawan, Kamis (7/6/2012).
 
Sementara tinggi gelombang laut diperairan Aceh saat ini diperkirakan mencapai dua hingga lima meter. Nelayan dan pengguna jasa pelayaran diimbau untuk berhati-hati berlayar.
 
Angin kencang yang masih terus terjadi juga bisa mengancam pengguna jasa penerbangan. Martuah mengingatkan pengguna jasa penerbangan untuk waspada karena saat lepas landas dan mendarat pesawat berpotensi dihempas angin.
 
“Pesawat bisa dihempas angin saat tinggal landas maupun mendarat, kita akan terus informasikan bandara setiap perubahan kecepatan angin semakin membaik maupun memburuk,” ujarnya.
 
Martuah menjeleskan cuaca buruk yang melanda Aceh sekarang ini disebabkan adanya ganguan pada atmosfer bumi, sehingga terjadinya siklon tropis mawar di bagian utara Indonesia. Serta terjadi tekanan angin rendah di bagian Barat Sumatera dan di Samudera Hindia Utara terdapat garis-garis tekanan rendah.
 
"Dari gangguan-gangguan atmosfer itu sangat mendukung terjadinya cuaca buruk," sebut dia.
 
Martuah memperkirakan cuaca ekstrem ini akan terus melanda wilayah Aceh hingga sepekan ke depan. Warga diimbau untuk tetap waspada dalam beraktivitas. Hingga hari ini, aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar tetap berjalan seperti biasa, begitu juga halnya dengan aktivitas pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang juga masih normal.
 
Hanya saja sebagian besar nelayan belum berani melaut karena masih buruknya cuaca. Akibatnya, harga ikan di Banda Aceh dan Aceh Besar dalam beberapa hari ini melonjak.

(abe)

BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran Gallery

BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran BMKG Ingatkan Jasa Penerbangan & Pelayaran

0 comments:

Post a Comment