Sunday, June 24, 2012

"Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP"

Ilustrasi (foto: Okezone)
Ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA- Anggota Komisi IX DPR RI, Zuber Safawi meminta pemerintah membatasi peredaran dan penjualan kondom di tempat umum.

"Peredaran kondom harusnya dibatasi hanya untuk mereka yang sudah  memiliki KTP, dan sudah menikah, tunjukkan KTP, bila tidak ingin budaya seks bebas meluas lebih jauh," kata Zuber dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/6/2012).

Zuber menilai, mudahnya publik mendapatkan kondom di pasaran tanpa ada syarat batasan usia atau identitas justru meningkatkan peluang meluasnya budaya seks bebas.  "Survei menunjukkan, budaya seks bebas sudah menjangkiti generasi muda, tidak dipungkiri fasilitas untuk itu tersedia di mana-mana, termasuk kondom," katanya.

Zuber mencontohkan salah satu kasus penjualan produk coklat yang dikemas dengan kondom sebagai hadiahnya. Ironisnya promo tersebut berlaku dalam rangka menyambut hari valentine, di mana kebanyakan remaja merayakannya.  "Promo seperti ini dianggap lumrah saja, karena memang tak ada aturan mengenai peredaran kondom," ujar politikus PKS ini.

Peredaran kondom yang tidak terkontrol tersebut, tentu saja malah meningkatkan resiko HIV/AIDS lebih luas akibat perilaku seks bebas di kalangan remaja dan kelompok belum menikah. "Jangan sampai kampanye kondom salah sasaran, bukannya menanggulangi penularan, tetapi malah memperluas perilaku seks berisiko," tambahnya.

Namun, Zuber juga setuju, peredaran kondom hanya berlaku untuk pasangan menikah dengan tujuan KB dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS.  "Kampanye kondom pada kelompok berisiko harus lebih dirinci, siapa yang dimaksud kelompok beresiko ini, kalau termasuk remaja secara umum, mahasiswa, atau belum menikah, tentu salah alamat," katanya.
 
Jumlah kasus infeksi HIV/AIDS yang teridentifikasi dalam rentang waktu tahun 1987 sampai dengan 2011 sebanyak 71.437 kasus, namun dalam kenyataannya estimasi berbagai lembaga termasuk Kemenkes memperkirakan penderita HIV/AIDS di Indonesia mencapai lebih dari 200 ribu orang. 
(ugo)

"Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" Gallery

"Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" "Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" "Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" "Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" "Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" "Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP" "Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP"

0 comments:

Post a Comment