Monday, June 11, 2012

Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring


VIVAlife - Senyawa formalin atau dikenal dengan istilah formaldehyde, sudah dinyatakan sebagai salah satu bahan kimia berbahaya oleh pemerintah. Pada dasarnya formalin dipergunakan untuk bahan-bahan olahan industri. Tapi, apa jadinya jika senyawa berbahaya ini terkandung dalam bahan pencuci piring?

Semua produk dishwash liquid atau cairan pencuci piring memang memerlukan bahan pengawet. Bahan pengawet ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan produk terdegradasi atau rusak. Pada beberapa bahan pencuci piring menggunakan formalin sebagai bahan pengawet yang dapat menghambat dan membunuh bakteri-bakteri.

"Ada beberapa alasan mengapa beberapa produk pencuci piring di Indonesia menggunakan formalin sebagai bahan utama. Pertama, formalin banyak digunakan karena harganya relatif murah, kedua proses pengaplikasian sangat sederhana, tidak menggunakan satu peralatan khusus. Ketiga, memiliki kemampuan mengawetkan sangat baik," jelas Kepala Laboratorium Terpadu, Institut Pertanian Bogor (IPB), Zainal Alim Mas'ud, DEA, saat acara konferensi pers wabah formalin di Jakarta, Senin, 11 Juni 2012.

Menurut Kelapa Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Leonardus Broto Kardono, formalin juga memiliki unsur aldehida yang bersifat yang bersifat mudah bereaksi dengan protein, termasuk protein yang terdapat dalam tubuh manusia, seperti lambung. Apalagi jika formalin yang masuk ke tubuh memiliki dosis tinggi.

Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Gallery

Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring Awas, Ada Formalin pada Cairan Pencuci Piring

0 comments:

Post a Comment