Monday, June 11, 2012

Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak


VIVAlife - Banyak ayah menganggap disiplin berarti berteriak, mengancam atau memukul ketika anak memperlihatkan perilaku buruk. Namun, mengajarkan disiplin pada anak sebenarnya bisa dilakukan dengan penuh kasih sayang.

Tak seperti ibu yang lebih sering berada bersama buah hati, anak umumnya lebih segan pada ayah dalam hal disiplin. Untuk itu, ayah perlu konsisten dan harus seirama dengan ibu dalam menerapkan disiplin. Gunanya agar anak tak kebingungan.

Berikut adalah lima tips bagi ayah untuk mendisiplinkan buah hati sekaligus membangun ikatan yang kuat dengan mereka, seperti dikutip dari  Yourtango:

1. Bersikaplah tegas, baik dan hormat dalam menetapkan batasan kepada anak.

2. Cobalah untuk mengatakan ya, lebih sering daripada tidak. Misalnya, "Boleh makan kue, tapi setelah makan."

3. Gunakan konsekuensi logis untuk mengkoreksi perilaku anak yang tidak pantas. Bila anak meninggalkan sepedanya di sembarang tempat misalnya, Ayah bisa mengatakan, "Jika meninggalkan sepeda di luar, kita akan memasukkannya ke garasi selama seminggu." Lalu, pastikan untuk melakukan apa yang Anda katakan.

4. Jadilah teladan.
Anak akan belajar banyak lagi dari apa yang dia lihat dari orangtuanya, bukan dari apa yang dikatakan.

5. Budayakan komunikasi dan diskusi.
Luangkan waktu melakukan pertemuan keluarga untuk berbagi ide dan saran secara teratur. Ini akan membuat seluruh anggota keluarga saling terhubung, dan lebih dekat satu sama lain. Jadikan acara kumpul dengan seluruh anggota keluarga sebagai prioritas, bukan waktu mengkritik atau mencipta konflik.

Hubungan yang kuat antara orangtua dan anak akan menjadi sebuah warisan berharga yang akan diingat dan diterapkan anak di kemudian hari ketika dewasa.

Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Gallery

Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak Agar Ayah Jadi Panutan Disiplin Anak

0 comments:

Post a Comment