Sunday, June 24, 2012

7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah

ist
ist

BANDUNG – Tanwir Muhammadiyah di antaranya menghasilkan kriteria pemimpin nasional yang Ideal. Hasil tanwir ini diklaim relevan dengan permasalahan utama yang dihadapi Indonesia saat ini, yakni mengalami krisis kepemimpinan bangsa.  
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin mengungkapkan, pihaknya telah merumuskan tujuh kriteria kepemimpinan yang dapat menyelamatkan bangsa dari krisis. Hal ini diungkapkan Din usai penutupan Tanwir Muhammadiyah 2012 di Hotel Horison, Bandung, Minggu (24/6/2012). Tanwir sendiri dihelat sejak Kamis 21 Juni lalu yang dibuka Wakil Presiden Boediono di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika.
 
Berikut adalah kriteria pemimpin nasional hasil Tanwir Muhammadiyah.
usai membuka Tanwir Muhammadiyah:
 
Pertama, pemimpin nasional harus visioner atau memiliki visi bersama bukan pribadi maupun partai.
 
Kedua, pemimpin harus nasionalis-humanis yang berarti berkomitmen kebangsaan yang kuat dan kemanusiaan yang luhur.
 
Ketiga, solidarity marker atau kemampuan membangun solidaritas bangsa yang majemuk.
 
Keempat, risk taker yaitu orang yang berani mengambil resiko.
 
Kelima, decisive atau seseorang yang bisa mengambil keputusan secara cepat, tepat, dan tegas.
 
Keenam, problem solver yang berarti kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menggerakan sumberdaya.
 
Dan ketujuh, pemimpin nasional itu harus miliki kriteria morally committeed yakni integritas moral yang tinggi sehingga tidak menyalahgunakan kekuasan dan tidak korup.
 
Din menegaskan, itulah kriteria pemimpin versi Muhammadiyah. Tujuh kriteria pemimpin tersebut tidak disebutkan melekat di tokoh atau partai mana. Sebab Din menepis jika Muhammadiyah terlibat politik bersama salah satu partai.
 
“Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat dan gerakan kebudayaan, tidak terlibat politik kekuasaan. Kami tidak dalam posisi mencalonkan dan mendukung seseorang seperti presiden," pungkasnya.
 

(teb)

7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah Gallery

7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah 7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah 7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah 7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah 7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah 7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah 7 Kriteria Pemimpin Nasional Versi Muhammadiyah

0 comments:

Post a Comment