Saturday, June 16, 2012

10 WN Myanmar Terdampar di Selayar

Ilustrasi (Okezone)
Ilustrasi (Okezone)

SELAYAR - Sebanyak 10 warga negara asing (WNA) asal Myanmar yang sedang berlayar dengan menggunakan perahu ditemukan terdampar di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
   
Ke-10 WNA ini masing-masing Roshid Ahammed (45), Zhajida (25), Sitti Laela (4), Sitti Nur Roshida (10 bulan), Muhammad Hasyim (22), Abd Syukur (39), Syamsidah (28), Abd Azis (5), Nur Baher (3), dan Nur Janat (1 tahun enam bulan). Mereka berlayar dari Myanmar ke Malaysia, Bau-bau (Selawesi Tenggara). Baubau ke Selayar menggunakan waktu selama lima hari perjalanan.
   
Informasi yang dihimpun menyebutkan, WNA tersebut terdampar di pulau Kajuadi, Kecamatan Takabonerate, setelah diterlantarkan oleh pihak menjanjikan yang berencana akan dibawa keluar negeri, namun ditinggalkan.

"Rencananya, mereka ingin dibawa keluar negeri. Hanya saja, orang yang menjanjikan lebih awal berangkat sehingga mereka terdampar di Selayar," ungkap Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Setiady, saat dihubungi, Sabtu (16/6/2012).
   
Dijelaskan, bahwa WNA yang terdampar ini sedang ditampung di hotel Berlian Kepulauan Selayar sambil menunggu pemeriksaan selanjutnya. Namun, kemungkinan besar akan segera dibebaskan karena tidak ditemukan melanggar, hanya karena ditinggalkan oleh orang menjanjikan keluar negeri. Mereka menggunakan perahu.
   
Sementara itu, pegawai Syahbandar Kepulauan Selayar Hasbullah mengaku, pihaknya belum menerima laporan atas WNA yang terdampar tersebut. Hanya saja, biasanya WNA yang terdampar karena perahu yang digunakan rusak sehingga tidak bisa melanjutkan ke negara yang menjadi tujuannya berlayar.

"Sekarang cuaca bagus sehingga kemungkinan besar perahu digunakan rusak. Makanya, terdampar di pulau Kajuadi," ujarnya.
   
Dia menambahkan, kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi di Selayar, tetapi sudah yang sekian kalinya. Sebab, rata-rata imigran yang melakukan perjalanan baik ke Singapura maupun negara lain, biasanya transit di Selayar lebih awal.
(Syamsir/Koran SI/put)

10 WN Myanmar Terdampar di Selayar Gallery

10 WN Myanmar Terdampar di Selayar 10 WN Myanmar Terdampar di Selayar 10 WN Myanmar Terdampar di Selayar 10 WN Myanmar Terdampar di Selayar 10 WN Myanmar Terdampar di Selayar 10 WN Myanmar Terdampar di Selayar 10 WN Myanmar Terdampar di Selayar

0 comments:

Post a Comment