Monday, June 18, 2012

Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini

Ilustrasi rekam data e-KTP (Foto: Koran SI)
Ilustrasi rekam data e-KTP (Foto: Koran SI)

BALIKPAPAN - Warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, hari memulai pelaksanaan rekam data e-KTP. Peluncuran dilakukan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan, Jalan Iswayudi.

Perekaman data di Balikpapan akan diikuti sekira 430 ribu lebih wajib KTP dan akan berlangsung hingga Oktober 2012 mendatang atau selama 4,5 bulan.

Rizal menjadi warga Balikpapan pertama yang melakukan perekaman data, seperti pengambilan iris mata, sidik jari, dan foto. Prosesi ini diikuti pula oleh sejumlah pejabat pemkot lainnya.

Proses perekaman berjalan lancar. Setiap orang dibutuhkan waktu sekira tiga menit. “Tadi saya sekira tiga menit pengambilan data,” ucap Rizal, Selasa (19/6/2012).

Acara itu juga dihadiri Ketua DPRD Kota Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong, mantan wali kota dua periode, Tjutjup Suparna, Ketua Komisi I Sonhaji, anggota DPRD, Fahruddin, dan Danlanud Sepinggan.

Kadisdukcapil, Chairil Anwar, mengatakan, perekaman data akan dilakukan serentak di lima kecamatan.

“Pelayanan kepada wajib KTP akan berlangsung selama 10 jam setiap harinya dengan asumsi tiga sampai lima menit per orang,” ucap Chairil.

Pihaknya menyiapkan 11 paket peralatan perekaman e-KTP, di mana tiap kecamatan mendapat jatah dua unit dan satu lainnya akan dioperasikan di Kantor Disdukcapil.

Meski peralatan terbilang minim, namun Chairil optimistis penyelenggaraan e-KTP bisa rampung dalam 4,5 bulan.

(ton)

Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Gallery

Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini Warga Balikpapan Mulai Rekam Data e-KTP Hari Ini

0 comments:

Post a Comment