Sunday, June 24, 2012

Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna


VIVAlife - Seorang wanita Inggris ditemukan memiliki penglihatan yang jauh berbeda daripada orang kebanyakan. Indra penglihatannya memungkinkan wanita ini melihat lebih dari 99 juta jenis warna.

Wanita tersebut adalah seorang 'tetrachromat' yaitu seorang yang mampu melihat warna yang tak terbayangkan penglihatan normal. Inilah kali pertama seorang tetrachromat ditemukan di Inggris setelah penelitian selama 20 tahun terakhir.

Gabriele Jordan, ahli syaraf di Universitas Newcastle, mengatakan kondisi tersebut hanya mempengaruhi wanita. Kemungkinannya, ada para tetrachromat yang hidup dengan kondisi penuh warna ini namun tak menyadarinya.

"Sayangnya, dia tidak bisa menjelaskan warna yang dia saksikan dengan membandingkannya dengan apa yang kita lihat seperti seorang yang buta warna menjelaskan apa yang kita lihat sebagai warna merah," katanya seperti dikutip Metro.

Visi tetrachromat didasarkan pada sel-sel mata yang dikenal sebagai kerucut. Tak seperti orang kebanyakan yang memiliki tiga sel buah kerucut, tetrachromat memiliki empat tipe kerucut.

"Tetrachromat mungkin tidak perlu menggunakan kapasitas penuh mereka, " ujar Jordan. "Mereka dapat terjebak dalam dunia yang disesuaikan dengan makhluk dengan kekuatan yang lebih rendah." (umi)

Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Gallery

Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna Wanita Mata Super: Bisa Lihat 99 Juta Warna

0 comments:

Post a Comment