Wednesday, June 27, 2012

Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental


VIVAlife - Apakah Anda lebih senang berolahraga di pusat kebugaran atau di daerah hijau sekitar rumah? Latihan fisik yang dilakukan di hutan atau taman ternyata dapat mengurangi risiko depresi, serta dua kali lebih baik daripada berolahraga di dalam ruangan.

Para peneliti di Glasgow University melihat bahwa lingkungan alami berperan besar untuk kesehatan mental. Kegiatan-kegiatan fisik seperti berjalan, berlari dan bersepeda, yang dilakukan di sekitar pohon dan rumput akan menurunkan tingkat stres otak.

Penelaahan yang dipimpin oleh Profesor Richard Mitchell itu meninjau sekitar 2000 orang yang aktif berolahraga. Dari situ, mereka menemukan kalau kegiatan fisik yang dilakukan di lingkungan alami terkait dengan rendahnya risiko kesehatan mental.

Profesor Mitchell mengaku “terkejut” oleh hasil temuannya. “Ada sekitar 50 persen peningkatan dalam kesehatan mental masyarakat jika mereka aktif secara fisik di lingkungan alam, dibandingkan dengan mereka yang tidak,” ungkapnya, dilansir dari Telegraph.

Ia menambahkan, masalah depresi ringan, insomnia, tingkat stres yang tinggi pun dapat diatasi. “Hasil tersebut memang masuk akal. Berada di daerah yang memiliki banyak pohon dan area berumput bisa menenangkan kita. Hutan jelas memiliki sarana itu.”

Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Gallery

Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental Olahraga di Tempat Hijau Baik untuk Mental

0 comments:

Post a Comment