Wednesday, June 20, 2012

Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan

Miranda S Goeltom
Miranda S Goeltom

JAKARTA- Tersangka suap cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia 2004, Miranda Swaray Goeltom, berencana mengajukan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKP2) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) .

Menurut Pengacara Miranda, Doddy Abdul Kadir, surat tersebut akan diajukan begitu pemeriksaan kliennya dinyatakan selesai oleh KPK. "Akan kita sampaikan ke KPK kalau pemeriksaan Miranda sudah selesai," kata Doddy di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Rabu (20/6/2012).

Menurut Doddy, berdasarkan pemeriksan-pemeriksaan terhadap Miranda, KPK tidak menemukan alat bukti yang bisa menunjukkan kliennya telah menyuap cek pelawat ke sejumlah anggota Komisi IX DPR RI 1999-2004 di pemilihan DGS Bank Indonesia. "Menurut kami enggak ada alat untuk unsur yang disangkakan menyuruh suap," terang Doddy.

Doddy hadir di KPK untuk mendampingi pemeriksaan terhadap Miranda. Miranda keluar dari Gedung KPK pukul 16.30 WIB. Miranda mengaku tidak ada materi baru terkait pemeriksaannya hari ini.

"Tidak ada yang baru, ditanyakan yang lama-lama juga. Tidak ada pertanyaan siapa sponsor cek pelawat," terang Miranda.

Miranda malah meminta KPK mengeluarkan SKP2 terkait kasus dugaan suap cek pelawat yang menjerat dirinya. "Saya berpikir positif bahwa saya tidak akan dituntut karena tidak ada apa-apa. Memang Undang-undang KPK tidak membolehkan mengeluarkan SP3, tapi kan boleh keluarkan SKP2," terang Miranda.

Miranda kembali menegaskan tidak pernah meminta bantuan kepada siapapun dalam pemilihan DGS Bank Indonesia 2004. Di pemeriksaan kali ketiga itu, Miranda mengaku dicecar 10 pertanyaan. "Tadi diperiksa dari jam 13.00 WIB. Ada istirahat dulu," ungkap Miranda.

Miranda dijerat pasal 5 ayat 1 huruf b dan pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto dan atau pasal 55 ayat 1 dan ayat 2 KUHP. Dia dianggap membantu terpidana suap cek pelawat, Nunun Nurbaetie, menyuap sejumlah Politisi Senayan untuk memenangkan dirinya sebagai DGS Bank Indonesia.
(ugo)

Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Gallery

Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan Miranda Ajukan Permohonan SKP2 Usai Pemeriksaan

0 comments:

Post a Comment