Tuesday, June 12, 2012

Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot


VIVAlife - "Yang mau datang ke sini adalah mereka yang kepengin sehat, tapi tak mau repot," kata Jenny Poespita, wanita yang merintis jasa katering White Lotus sejak 2007.

White Lotus bukan sekadar menyajikan makanan enak. Melalui keterlibatan dokter gizi, ahli kuliner berstandar hotel, dan ahli teknologi pangan, jasa katering ini menawarkan solusi diet sehat untuk semua pelanggannya.

Kepada pelanggan yang mengidap penyakit tertentu, White Lotus akan meminta hasil cek darah, daftar konsumsi obat, dan riwayat operasi. "Ini agar makanan yang kita berikan sejalan dengan pengobatan yang sedang dilakukan," ujarnya.

Selain melayani mereka yang menderita sakit seperti hipertensi, diabetes, kanker, penyakit jantung, atau ginjal, jasa katering ini juga melayani paket-paket untuk anak autis, alergi, dan mereka yang ingin langsing dengan cara sehat.

Secara periodik, tim White Lotus akan melakukan penimbangan berat badan dan pengecekan darah. Ini untuk melihat apakah menu diet yang diberikan berdampak terhadap kondisi pelanggan.

Wanita yang membekali diri dengan kursus singkat mengenai ilmu gizi di Inggris itu memastikan bahwa semua menu yang tersaji memerhatikan kebutuhan gizi setiap pelanggan. Tanpa MSG, tanpa pengawet atau zat-zat kimia yang meracuni tubuh.

Makanan Sehat Itu Enak!
Jenny Poespita, Founder dan CEO White Lotus di JakartaYang menjadi tantangan terbesar dalam merintis bisnis ini adalah memberantas persepsi: makanan sehat itu tidak enak. Itulah mengapa ia masih rajin terjun ke dapur untuk memastikan menu sehat yang tersaji tetap memiliki cita rasa nikmat.

Itulah mengapa selalu ada kerja sama dokter gizi, ahli kuliner berstandar hotel, dan ahli teknologi pangan. Mereka yang akan memadukan ketrampilan mengolah bahan-bahan alami sesuai kebutuhan nutrisi tanpa mengubah rasa makanan.

"Prinsipnya, meski menggunakan bahan-bahan alami rasa makanan harus terjaga," ujarnya. "Dan, sebelum makanan itu keluar sudah dicoba di dapur. Kalau makanan nggak enak, tidak boleh keluar dari dapur."

Mereka yang sakit dan harus berdiet umumnya sudah tersiksa. Karenanya, perlu siasat yang tak membuat mereka semakin tersiksa. Pelanggan dengan diabetes, misalnya. Meski tidak setiap hari, mereka tetap dimanjakan dengan kue-kue manis. Kue-kue bisa dibuat dari susu kurma dan madu murni. Atau mengganti bahan gula tebu dengan gula silitol.

Dengan harga paket katering sekitar Rp5,8 juta sampai Rp8 juta per bulan, White Lotus telah menjangkau ratusan pelanggan di Jakarta dan Surabaya. Mereka datang dari beragam kalangan: pejabat, sosialita, artis, bahkan pasien sejumlah rumah sakit rekanan. 

Selain katering diet, jasa boga ini juga mulai merambah katering pesta. "Misalnya ingin katering makanan, jajanan pasar, atau kue-kue tart dengan kadar nutrisi yang baik, tanpa pengawet dan MSG. Bisa sesuai permintaan, bisa juga makanan yang bisa dimakan oleh orang diabetes juga, ini bisa dipesan dan bisa dibuatkan."

Solusi praktis santap sehat bukan hanya ladang White Lotus. Di Jakarta, ada beberapa pilihan katering yang juga menyajikan santapan sehat. Berikut di antaranya:

White Lotus Healthy Solution
Pemilik: Jenny Poespita
Ranch Market Pondok Indah
Jalan Sultan Iskandar Muda No 21, Pondok Indah, Jakarta Selatan
Telepon: 021-98631882
Website: whitelotus.co.id

My Meal Catering
Pemilik: Ignatius Zaldy
Jalan Boulevard Raya BA3/45, Gading Serpong, Tangerang
Telepon: 021-70067811
Website: www.mymealcatering.com

Slim Gourmet
Pemilik: Lidya budiman
Jalan Iskandarsyah Raya No 97, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon: 021-7395752
Website: slimgourmet.net

Prima Diet Catering
Pemilik: dr Peni Hartanto
Jalan Pondok Java VII No 2, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telepon: 021-44337772/ 081807878180/ 0817764899
Website: primadiet-catering.com

Tuti Soenardi Healthy Food
Pemilik: Tuti Soenardi
Jalan Langsat I No 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon: 021-70621028/ 021-7262833
Website: www.tuti-soenardi.com

Baca juga: Katering Diet: Solusi Sehat Cita Rasa Lezat

Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Gallery

Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot Katering Diet: Solusi Sehat Tanpa Repot

0 comments:

Post a Comment