Wednesday, June 20, 2012

Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil

Boediono (Foto: Koran SI)
Boediono (Foto: Koran SI)

BANDUNG - Wakil Presiden Boediono membuka Tanwir Muhammmadiyah di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, pagi tadi. Tema yang diangkat Tanwir tahun ini adalah “Gerakan Pencerahan, Solusi untuk Bangsa”.

Di hadapan para pimpinan, pengurus, dan anggota Muhammadiyah, Boediono memuji salah satu aspek yang ditekuni salah satu Ormas Islam terbesar di Indonesia itu, yakni bidang pendidikan.

“Suatu kenyataan yang tidak terbantahkan bahwa Muhammadiyah, sejak berdiri 100 tahun lalu, banyak memberikan kontribusi kepada bangsa. Masyarakat kita telah merasakan manfaat dari kegiatan-kegiatan Muhammadiyah terutama di bidang pendidikan, kesehatan, sosial-ekonomi dan dakwah. Kita boleh bersyukur memiliki Muhammadiyah," ungkap Boediono, Kamis (21/6/2012).

Boediono mengakui kegiatan pendidikan Muhammadiyah sangat maju. Dia sendiri merasakan manfaat dari Muhammadiyah.

Beodiono pun menceritakan kenangannya saat bersekolah di sebuah SD Muhammadiyah di Blitar pada 1950.

“Pada waktu itu, jumlah SD (saat itu bernama Sekolah Rakyat) Negeri di kota saya sangat terbatas. Maka, keberadaan SD Muhammadiyah sangat membantu anak-anak yang tidak bisa tertampung di SD-SD negeri. Saya termasuk anak-anak itu,” tuturnya.

Waktu itu, fasilitas SD Muhammadiyah masih minim. Murid tidak diwajibkan berseragam dan hampir semua murid tidak memakai sepatu.

“Waktu itu di tempat kami, baju baru dan sepatu termasuk barang setengah mewah. Uang sekolahnya murah, terjangkau oleh keluarga rata-rata, seperti keluarga saya,” sambungnya.

Boediono mencatat ada satu hal yang menonjol dari SD-nya, yaitu guru. “Mengingat-ingat masa itu, saya berani mengatakan bahwa dengan standar ukuran sekarang pun, para guru saya itu adalah guru-guru yang kompeten sebagai pendidik. Lebih dari itu, mereka mempunyai dedikasi sangat tinggi. Saya bisa mengatakan mereka mengajar kami dengan hati,” ungkapnya.

(ton)

Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Gallery

Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil Hadir di Acara Muhammadiyah, Boediono Kenang Masa Kecil

0 comments:

Post a Comment