Thursday, June 7, 2012

DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks

Tjahjo Kumolo (Foto:okz)
Tjahjo Kumolo (Foto:okz)

JAKARTA - Komisi I DPR RI akan mengunjungi Papua menyusul kembali bergejolaknya bumi Cendrawasih tersebut.

Menurut Anggota DPR Tjahjo Kumolo, berdasarkan pengalamannya permasalah di perbatasan antara Papua dan Papua Nugini sangat kompleks.

"Saat saya beberapa waktu yang lalu bersama Tim Komisi ke Papua sampai ke wilayah perbatasan Papua Nuigini memang permasalahannya sangat kompleks dan aparat intelejen belum ada koordinasi yang baik," ungkap Tjahjo melalu pesan singkatnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (8/6/2012).

Selain itu, Tjahjo menambahkan ada elemen-elemen masyarakat yang menggerakkan agar situasi Papua seolah mencekam. "Saya kira TNI dan Kepolisian harus kompak mengusut masalah ini secara serius kalau tidak akan merugikan institusi TNI khususnya," paparnya.

Politisi PDI Perjuangan ini yakin bukan oknum TNI atau Polri, yang melakukan penembakan tapi ada gerakan tanpa bentuk yang seharusnya jajaran intelejen di Papua sudah bisa menengarai dan mendeteksinya kearah mana dinamika perkembangannya.

"Dalami lingkungan strategisnya, saya kira juga tidak pada kelompok-kelompok masyarakat Papua yang diusulkan ingin merdeka," jelasnya.

Hal ini diindikasikannya hanya propaganda oknum tertentu dengan kepentingan kelomopok kecil yang menyudutkan masyarakat Papua. Menurutnya, pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden khususnya aparat intelejen dan aparat keamanan terpadu membentuk tim untuk turun secara total di Papua guna mengusut  sampai tuntas, kalau perlu berkantor di Papua.

"Penegakan hukum harus obyektif dan berkeadilan, hargai masyarakat Papua secara terbuka dengan pemberian reward dan punishmen yang adil. Dibutuhkan pemimpin yang tidak sekadar berkuasa di Papua tapi pemimpin yang berkeadilan di Papua," simpulnya.

(crl)

DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks Gallery

DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks DPR: Permasalahan di Perbatasan Papua Sangat Kompleks

0 comments:

Post a Comment