Sunday, June 10, 2012

Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI

Abraham Samad (Foto: Dok Okezone)
Abraham Samad (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menandatangani nota kesepahaman dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentang penilaian riwayat kesehatan terhadap orang-orang yang diduga terlibat perkara korupsi.
 
Menurut Abraham, kerjasama itu meliputi penilaian medis dan pemberian second opinion (pendapat kedua) bagi para terdakwa, tersangka, dan saksi yang akan diperiksa.
 
"Di masa-masa lalu, ada kecenderungan orang yang akan diperiksa KPK, pura-pura sakit, pura-pura pingsan," kata Abraham Samad di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (11/6/2012).
 
Abraham berpendapat KPK membutuhkan keterangan yang lebih objektif ihwal riwayat kesehatan mereka. Menurut dia, peran IDI adalah menentukan kategori apakah sakitnya orang yang akan diperiksa itu memang wajar atau tidak wajar. "Tujuannya, agar KPK paham tentang prosedur penilaian medis dan second opinion. Agar KPK mengerti masalah itu," katanya.
 
Ketua IDI, Prijo Sidipratomo, menjelaskan penilaian medis dari lembaganya bersifat tetap dan tidak dapat diganggu gugat. "Kalau sudah di IDI, keputusannya final," jelas Prijo di KPK.
 
Menurut Prijo, nota kesepakatan tersebut merupakan sumbangsing IDI untuk berperan dalam memberantas korupsi. Prijo berjanji akan memberi sanksi terhadap dokter yang ternyata terbukti memanipulasi hasil pemeriksaan kesehatan bagi saksi, tersangka atau terdakwa.
 
"IDI mempunyai wewenang untuk memberikan sanksi. Sanksi yang paling berat adalah mencabut rekomendasi yang bersangkutan, sehingga tidak bisa praktek dokter lagi," tegas Prijo.

(ful)

Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Gallery

Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI Banyak Koruptor Pura-Pura Sakit, KPK Bikin MoU dengan IDI

0 comments:

Post a Comment