Tuesday, July 3, 2012

Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air

Ilustrasi banjir (Dok: Sindo TV)
Ilustrasi banjir (Dok: Sindo TV)

PEMATANGSIANTAR - Ratusan rumah di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, sejak Selasa malam kemarin, terendam air akibat meluapnya Sungai Bah Bolon.
 
Luapan air sungai diakibatkan aktivitas penebangan pohon di Kabupaten Simalungun. Batang pohon memenuhi sungai dan menghambat aliran air.

Warga pagi tadi mulai membersihakan rumah mereka yang tergenang air dan lumpur. Dari pantauan di sungai, terlihat banyak kayu yang terbawa arus sungai.

R boru Sianturi, seorang warga, Rabu (4/7/2012), menuturkan, banjir kali ini merupakan yang pertama kali. Sebelumnya, air di Sungai Bah Bolon tidak pernah meluap, meski terjadi hujan lebat.

Menurut Sianturi, air mulai menggenangi permukiman sekira pukul 22.00 WIB Selasa 3 Juli malam. Pada tengah malam, air semakin tinggi. Bahkan, ada rumah yang terendam hingga atap. Belum ada bantuan dari pemerintah setempat.

Sementara itu, kondisi pintu air Pematangsiantar hingga siang ini tidak berfungsi. Luapan banjir yang berasal dari hulu Sungai Bah Bolon tidak bisa dialihakan.

Banjir juga sempat membuat panik warga. Ratusan orang mengungsi ke rumah-rumah warga yang lebih tinggi. Banjir mulai surut sekira pukul 05.00 WIB pagi tadi.

(Dharma Setiawan/Sindo TV/ton)

Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Gallery

Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air Sungai Dipenuhi Pohon, Ratusan Rumah Terendam Air

0 comments:

Post a Comment