Tuesday, July 3, 2012

Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia

JAKARTA - Kepolisian RI berhasil mengungkap tersangka kasus kejahatan penyelundupan manusia (people smuggler).
 
"Tersangka ditangkap di Apartemen Casablanca, Jakarta Timur, dan operasinya sudah berjalan dua tahun pelakunya satu orang," ucap Kadiv Humas Polri Brigjen Anang Iskandar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/2012).
 
Tersangka diketahui bernama Dawood Amiri alias Irvan (19), warga negara Afghanistan. Dia ditangkap oleh Polri pada 29 Juni 2012.
 
"Tersangka sindikat kejahatan ini atas nama Dawood Amiri alias Irvan, ditahan di Bareskrim Polri," terangnya.
 
Mantan Kapolda Jambi itu menjelaskan tersangka bermukim di Indonesia selama dua tahun dan menikah siri dengan wanita Indonesia.
 
"Hasil pemeriksaan sementara bahwa tersangka tinggal di Indonesia selama dua tahun menikah siri dengan wanita Indonesia dan tersangka diketahui anggota sindikat yang terkait sindikat di Pakistan," tambahnya.
 
Tersangka lain, lanjut Anang, masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). "Sekali lagi untuk tersangka lain masih dalam DPO karena dia di bantu oleh warga Pakistan yang sekarang ada di Indonesia," katanya.
 
Dikatakan olehnya Irvan mempunyai peran yang cukup besar yakni mengorganisir para imigran. "Untuk peran saudara Irvan sebagai mengorganisir para imigran. Dibantu oleh Sadik warga negara Pakistan yang ikut pada kapal yang mengalami kecelakaan pada 21 Juni 2012 namun selamat saat ini berada di Christmas Island," imbuhnya.
 
Anang menjelaskan tersangka dalam melalukan operasinya dikenakan tarif sebesar USD4.000 dan USD8.000, tergantung sosial ekonominya.
 
Akibat kejahatan yang dilakukannya, tersangka dikenakan Pasal 119 dan 120 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Imigrasi. Polisi berhasil menyita beberapa barang bukti, di antaranya telepon genggam, telepon satelit, dan laptop milik tersangka.
 
"Barang bukti yang berhasil disita milik imigran yang ditemukan di Apartemen Irvan sebanyak 84 buah hp milik tersangka sendiri enam buah, telepon satelit dua buah, laptop dan catatan keuangan," tuturnya.

(lam)

Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Gallery

Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia Polri Tangkap WN Afghanistan Penyelundup Manusia

0 comments:

Post a Comment