Tuesday, July 3, 2012

Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY

Fadel Muhammad (Foto: Dede K/okezone)
Fadel Muhammad (Foto: Dede K/okezone)

JAKARTA - Mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad diperiksa oleh Kejati Gorontalo terkait kasus dugaan korupsi dana sisa lebih penggunaan anggaran APBD Gorontalo 2011. Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka, namun hingga kini politikus Partai Golkar tersebut belum ditahan.
 
Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi III DPR Ahmad Basarah mengaku tidak kaget ketika mendengar Fadel tidak langsung ditahan. Karena menurutnya, Kejati akan bersikap sangat hati-hati.
 
"Fadel kan Wakil Ketua Umum Golkar, Golkar anggota parpol pendukung pemerintah di Setgab dan Kejaksaan adalah aparat pemerintah karena Jaksa Agungnya diangkat oleh Presiden. Jadi wajar lah kalau Kajati Gorontalo sangat berhati-hati dalam menangani kasus dugaan korupsi Fadel," jelasnya kepada wartawan di DPR, Jakarta, Rabu (4/7/2012).
 
Menurut Basarah, jika memang Kajati hendak menahan Fadel, tentunya harus meminta persetujuan dulu ke Kejaksaan Agung. "Apalagi kalau sampai harus menahannya, tentunya Kajati akan minta ijin dulu ke Jaksa Agung dan Jaksa Agung pasti akan minta petunjuk dulu dari Presiden SBY," tegasnya.
 
Basarah menambahkan, memang jika kekuasaan telah bersinggungan dengan politik, maka tidak ada pihak yang bisa menerka terkait kepastian hukum terhadap seseorang.
 
"Azas hukum kita memang menganut prinsip equality before the law atau kesamaan di depan hukum tetapi tidak menganut azas equality before the politic. Jadi dalam urusan yang berkaitan dengan hubungan politik dan kekuasaan, terkadang azas dan prinsip hukum bisa menjadi relatif," ujarnya.
 
Kendati demikian, politikus PDIP ini menerangkan bahwa kewenangan untuk menahan atau tidak seorang tersangka merupakan sepenuhnya hak subyektif dari penyidik.
 
"Penahanan seorang tersangka bukan suatu keharusan tetapi merupakan kewenangan subyektif penyidik. Dengan demikian jaksa penyidiklah yang paling tahu apakah tersangka Fadel Muhammad layak ditahan atau tidak," pungkasnya.

(lam)

Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Gallery

Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY Penahanan Fadel Muhammad Harus Seizin SBY

0 comments:

Post a Comment