Sunday, July 8, 2012

Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa

Ilustrasi
Ilustrasi

BANDUNG - Masyarakat Kota Bandung tampaknya bisa sedikit lega saat menjalankan ibadah puasa tahun ini. Pasalnya, beberapa Organisasi Mayarakat (Ormas) Islam berikrar tidak akan melakukan sweeping saat bulan Ramadan.

“Kita tidak akan lakukan sweeping tempat hiburan saat puasa. Penindakan itu kewenangan pemerintah dan polisi,” kata Ketua Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI) Kota Bandung, Ugas Rahmansyah, Minggu (8/7/2012).

Namun, dia tetap mengimbau kepada para pengelola tempat hiburan agar menutup usahanya selama puasa nanti. ”Kita tidak akan melakukan razia. Razia itu kewenangan aparat kepolisian,” tegasnya lagi.

Meski demikian, jika tetap ada pengusaha hiburan yang membandel dengan membuka usahanya saat puasa pihaknya berjanji akan berkoordinasi dengan kepolisian dan pemerintah.”Kita hanya mengingatkan kepada sesama muslim untuk melaksanakan ibadah sebaik-baiknya. Semuanya (penindakan) diserahkan kepada kepolisian, kita fokus melaksanakan ibadah," pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul, menegaskan, polisi siap menindak Ormas yang melakukan sweeping saat bulan puasa nanti.“Ormas atau kelompok masyarakat lainnya menggelar sweeping, kami siap menindaknya,” tegasnya.

Dia menjelaskan, tindakan itu diambil guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, dia menegaskan, penindakan terhadap pelanggaran hukum merupakan kewenangan aparat Kepolisian dan bukan wewenang Ormas.

"Langkah hukum berupa razia, pemeriksaan, penindakan, dan lain sebagainya, itu otoritasnya ada di petugas Kepolisian. Jadi, kalau ada masyarakat yang sweeping tempat hiburan, justru salah," katanya.

Untuk itu, pihanya siap menindak tegas Ormas atau kelompok masyarakat yang masih menggelar sweeping, terlebih menjurus anarkisme. “Razia disertai kekerasan atau perusakan, mereka sudah melawan hukum," terangnya.
(trk)

Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Gallery

Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa Ormas Islam Janji Tidak Akan Sweeping Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment