Sunday, July 15, 2012

Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan


JAKARTA - Partai Demokrat bersama organisasi masyarakat (Ormas) Gerakan Aman, Adil dan Sejahtera untuk Indonesia (Garansi) bertekat mempercepat akselerasi peningkatan kesejahteraan rakyat. Hal itu diaplikasikan dalam Gerakan Kewirausahaan Kelompok Strategis (GK2S) untuk memandirikan rakyat.

GK2S akan dideklarasikan pada puncak peringatan delapan tahun Garansi di Istora Senayan, Jakarta, Senin 16 Juli besok. "Tentunya, sinergi Demokrat dan Garansi bisa mempercepat akselerasi peningkatan kesejahteraan rakyat," kata Ketua Umum Garansi, Gondo Raditiyo Gambiro di Jakarta, Minggu (15/7/2012).

Seribu koperasi di balik program kemandirian rakyat, Gambiro optimis atas upaya Garansi membentuk Induk Koperasi Garansi (IKG) dalam waktu dekat ini. IKG sebagai koperasi skunder mengayomi koperasi primer di bawahnya.

"Dengan program pemerintah yang prorakyat, tentu bisa mempercepat akselerasi untuk peningkatan kesejahteraan rakyat," yakin Gambiro.

Selain itu, tambah dia, Garansi masih konsisten melanjutkan program membangun 1.000 unit koperasi atau kios Garansi di seluruh Indonesia. Wadah ini akan menjadi jembatan Garansi mendekatkan diri dengan rakyat.

"Garansi juga tetap menyiapkan pendamping, penyuluh untuk pengelolaan manajemen dan mediator  masyarakat untuk peningkatan perekonomian rakyat," ujar dia.

Sejak berdiri, ormas yang turut serta memenangkan Susilo Bambang Yudhoyono dalam dua periode pemilihan presiden ini konsisten mengusung ekonomi kerakyatan sebagai tulang punggung peningkatan kesejaheteraan rakyat. Program GK2S ini, bisa mempercepat pengentasan kemiskinan, mengatasi pengangguran serta membangkitkan rasa percaya diri masyakat untuk mandiri.

"Sejak awal, ada kesepahaman pemikiran antara Demokrat dengan Garansi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta membangun bangsa dan negara," imbuhnya.

Ketua Divisi Kaderisasi dan Diklat DPP Partai Demokrat ini merefleksi sepak terjang Garansi pada dua Pilpres 2004 dan 2009. Garansi terjun langsung ke tengah masyarakat di seluruh Indonesia untuk memenangkan SBY sebagai Presiden RI.

Bahkan, Garansi membuka jalan atau motor pembuka kampanye SBY dan Jusuf Kalla untuk beberapa wilayah Indonesia di bagian Timur. Pada usia yang ke-8 tahun ini, lanjut Gambiro, Garansi tetap eksis di seluruh pelosok Tanah Air.

"Kami jarang muncul di perkotaan ataupun dalam publikasi media. Tapi, Garansi sudah banyak menghasilkan karya di pedesaan, perbatasan dan wilayah terpencil Indonesia," tegasnya.

Dikesempatan yang sama Sekjen Garansi, Didik Mukrianto mengatakan koperasi di Indonesia menempayi posisi vital dan strategis untuk menopang eksistensi perekonomian nasional. Koperasi merupakan lembaga usaha yang berkontribusi terhadap pemberdayaan perekonomian masyarakat dalam struktur paling dasar.

"Koperasi mampu menyentuh, berkolaborasi, berinteraksi serta mampu menarik simpati dan memiliki daya dobrak terhadap kebuntuan pergerakan ekonomi di komunitas sosial masyarakat pada level yang paling basic," ujar Didik, yang juga Ketua Departemen Pengawasan Keuangan dan Pembangunan DPP Partai Demokrat.

Karena itu, lanjut Didik, perekonomian yang terus bergerak seyogianya tak sekedar mengakomodasi peningkatan struktur makro perekonomian nasional. Semestinya, laju perekonomian di level mikro menjadi fondasi sehingga kokoh dalam struktur ekonomi.

"Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi tak hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Namun, secara faktual hatus mampu menjangkau dan berpihak kepada struktur penguatan dan pertumbuhan ekonomi di level mikro," ujar Didik.

Sekira 15 ribu kader Garansi dari berbagai kelompok strategis akan hadir pada acara puncak peringatan delapan tahun Garansi di Istora Senayan. Selain itu, sekitar 15 ormas undangan akan meramaikan HUT ormas berlambang tangan menggenggam padi ini.

Selain Gambiro yang tercatat sebagai penggagas dan pendiri Garansi, dijadwalkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum serta Menteri Koperasi dan UKM yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Syarief Hassan turut diundang untuk  menyampaikan pidatonya. Sementara, putra bungsu Presiden SBY yang juga Sekjen Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas direncanakan ikut mehadiri  HUT ke-8 Garansi tersebut.
(trk)

Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Gallery

Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan Ormas Garansi Bertekat Percepat Peningkatan Kesejahteraan

0 comments:

Post a Comment