Sunday, July 8, 2012

Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama memastikan adanya kenaikan biaya penyelenggaran ibadah haji. Hal ini lantaran adanya kenaikan harga ongkos penerbangan, seperti yang sudah disampaikan pemerintah.

"Potensi kenaikan sudah disampaikan pemerintah terutama pada penerbangan. Itu kenaikan avtur yang tak bisa dihindari. Pemerintah bersama DPR berusaha untuk melakukan berbagai upaya agar kenaikan tidak signifikan dan sedapat mungkin melalui optimalisasi dari data yang dimiliki," jelasnya kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (9/7/2012).

Kendati demikian, kata Bahrul, pihaknya akan mengusahakan kenaikan ongkos haji tidak lebih dari 10 persen. "Dulu kan rata-rata Rp30 juta tapi di dalam. Mohon dicatat ada 5 juta yang dikembalikan pada jemaah. Jadi perkiraan kalaupun naik tak lebih 10 persen, karena avtur saja. Kita usahakan tidak lebih dari itu," paparnya.

Sementara itu untuk menghindari potensi korupsi dalam penyelenggaraan haji, Kementerian Agama akan meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pemberangkatan jemaah haji.

"Tahun ini kita kuncinya pada pengawasan dan standarisasi agar distandarkan pada semua perusahaan katering, kita akan menambah pengawas intensif di setiap mahtab," terangnya.

Pelaksanaan haji tahun, pihak Kementerian Agama telah mematok kuota sebanyak 211.000 calon jemaah haji. "Menteri agama sudah usulkan tambahan 30 ribu dan sudah juga menyusul dua kali surat permohonan agar diberikan jawaban dan mudah-mudahan dalam waktu cepat ada jawabannya," tandasnya. (ded)

(mbs)

Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Gallery

Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen Ongkos Haji Tahun Ini Naik 10 Persen

0 comments:

Post a Comment