Wednesday, July 4, 2012

Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran

Ilustrasi (Okezone)
Ilustrasi (Okezone)

PALEMBANG - Memasuki musim kemarau saat ini, Dinas Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran (PPK) Palembang ektra siaga dengan menyiapkan sebanyak 21 unit mobil pemadam dan 441 personil yang siap ke lapangan.

Sekretaris PPK Palembang, Romli Hofiah didampingi Kepala Pos Sako Muad Yaman menjelaskan, per Januari-Juni tahun ini sudah terjadi 58 kali kebakaran. Jumlah ini diasumsikan meningkat 50 persen dibanding tahun lalu. 2011, total kebakaran berjumlah 171 kejadian. Jumlah terbanyak terjadi pada bulan Agustus (42 kejadian) dan September (36 kejadian).

“Pada prinsipnya kapan pun kami selalu siap. Tapi karena ini sudah memasuki musim kemarau dan sangat rentan kebakaran, kita harus ekstra siaga,” ujar Romli, Rabu (4/7/2012) kepada wartawan.

Pihaknya mngimbau agar masyarakat juga senantiasa waspada dan meningkatkan kepedulian terhadap bahaya kebakaran. Dari sejumlah kasus yang ditemui selama ini, kata Romli, penyebab kebakaran masih didominasi korsleting listrik dan meledaknya kompor atau lampu teplok.

"Memang rata-rata penyebab kebakaran di kita ini korsleting listrik.
Terutama di kos-kosan, itu sering kita lihat banyak colokan listrik yang bertumpu pada sumber api. Itu bahaya dan bisa memicu arus pendek," jelasnya.

Terlepas dari itu, pihaknya juga sangat mengharapkan kerjasama dan pengertian dari masyarakat. Harus diakui, PPK sering kali mendapat kritik dan ancaman dari masyarakat karena dianggap tidak bekerja cepat dan tepat. Padahal sebagai pemadam kebakaran, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin melayani masyarakat.

"Ada sejumlah kendala yang kerap ditemui petugas PPK di lapangan saat memadamkan kebakaran. Antara lain, jarak tempuh yang cukup jauh sehingga butuh waktu untuk sampai lokasi. Perjalanan menuju lokasi juga kerap terhambat oleh kemacetan di jalan raya," urai Romli.
(put)

Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Gallery

Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran Musim Kemarau, Palembang Siaga Kebakaran

0 comments:

Post a Comment