Tuesday, July 3, 2012

Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran

ilustrasi (foto: daylife)
ilustrasi (foto: daylife)

PONTIANAK - Wakil Presiden Boediono mengatakan, nilai keadilan sangatlah penting bagi umat Islam. Bahkan hal tersebut terdapat dalam kitab suci agama Islam, yaitu Alquran.

"Tidak kurang pentingnya pula nilai keadilan yang selalu ditekankan dalam Alquran. Tidaklah lengkap keislaman seseorang bila dia masih berbuat zalim kepada sesamanya," kata Boediono dalam pembukaan MTQ Internasional I dan MTQ Nasional VII Nahdatul Ulama di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (3/7/2012).

Keadilan, lanjut Boediono, sebagai nilai universal harus terus diupayakan baik dalam hubungan antar manusia, antar negara, antara pemimpin dan yang dipimpin, antara majikan dan buruh, antara guru dan murid, antara hakim dan yang dihakimi, dan terutama antara yang kuat dan yang lemah.

"Kedua nilai utama dalam Islam itu, yakni tauhid atau keesaan Tuhan dan keadilan sesungguhnya merupakan bagian penting dari ideologi negara kita yang diamanatkan oleh para pendiri negara ini dalam sila-sila yang tercantum dalam Pancasila," tuturnya.

Menurutnya, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa sesungguhnya sila-sila dalam Pancasila seluruhnya paralel dengan nilai-nilai luhur yang dianut oleh umat Islam sesuai ajaran Alquran.

"Disamping keesaan Tuhan dan prinsip keadilan seperti yang saya sebutkan tadi, prinsip Persatuan, Kemanusiaan yang Beradab, dan Musyawarah untuk Mufakat merupakan pula perintah Allah SWT yang tersebar dalam berbagai ayat suci Alquran. Itulah sebabnya, bila negeri kita ingin meraih kesuksesan di dunia dan kebahagiaan kekal di akhirat, maka kita semua harus sungguh-sungguh melaksanakan prinsip-prinsip mulia tersebut dengan konsisten dan konsekuen," tegasnya.

Boediono menambahkan, bagi kaum muslim, Alquran merupakan kitab yang diimani bersama, sebagai petunjuk dan penuntun kehidupan untuk memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Alquran tidak hanya berisi prinsip-prinsip keimanan, namun juga sumber nilai-nilai universal, ilmu pengetahuan, hingga hikayat kehidupan, yang dikemas dengan bahasa yang indah, penuh dengan filosofi keteladanan, serta pesan moral yang luhur dan agung.

"Alquran memberi tuntunan kepada kita agar membangun kehidupan yang harmonis, saling bertoleransi, hidup dalam kedamaian dan hidup untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak membenci satu sama lain," ungkapnya.

Alquran juga mengajak manusia untuk bekerjasama dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam kejahatan dan permusuhan.

"Bagi kaum muslim, Alquran adalah sumber petunjuk dan pedoman hidup yang tidak pernah kering. Meski Alquran diturunkan oleh Allah SWT dalam bahasa manusia untuk dapat dipahami oleh manusia, namun menurut para ulama, pemahaman manusia terhadap Alquran masih bertingkat-tingkat," tutup Boediono.
(put)

Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Gallery

Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran Boediono Tekankan Arti Penting Kitab Suci Alquran

0 comments:

Post a Comment