Sunday, July 8, 2012

Belum Ada Capres Kuat di Indonesia

Megawati (Foto: daylife)
Megawati (Foto: daylife)

JAKARTA - CEO Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Grace Natalie menilai dari hasil simulasi empiris yang dilakukan lembaganya belum ditemukan tokoh kuat untuk menjadi calon presiden di Pemilihan Presiden 2014 mendatang.
 
Bahkan nama Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, dan Aburizal Bakrie pun masih tak bisa mendominasi.
 
Diterangkan Grace, sosok Megawati dan Prabowo saat dibuat simulasi tertutup bisa menempati posisi teratas dan membuktikan popularitasnya masih tinggi.
 
"Ketika kita simulasikan dengan berbagai skenario, ada simulasi terbuka, semi terbuka dan tertutup. Semuanya tidak ada yang mencapai 50 persen. Berarti kan tidak ada yang single majority," jelas Grace kepada wartawan usai diskusi Tantangan Calon Presiden Populer, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Minggu (8/7/2012).
 
Hasil tersebut, lanjut mantan presenter TV One ini, menunjukkan bahwa tidak ada satupun tokoh di negeri ini yang kuat atau dominan secara elektoral. "Artinya, ada kesempatan dan ruang bagi siapa pun di luar sana, yakni calon yang punya kualitas dan rekam jejaknya baik," paparnya.
 
Grace justru mempertanyakan, mereka yang sudah popular, tapi kenapa yang memilih rendah? Ini artinya ada masalah dalam popularitas mereka masing-masing. Ada hal yang menghambat elektoral mereka.
 
"Dari simulasi yang sudah kita lakukan secara empiris terbukti kalau Lapindo itu memang menjadi masalah buat Ical. Ini membuktikan persepsi negatif orang pada Lapindo berpengaruh pada elektabilitas Ical," simpulnya.
 
Namun, yang diuntungkan oleh kondisi ini adalah Prabowo Subianto. Di mana responden yang kecewa dengan Ical lebih memilih Capres Gerindra tersebut. "Entah mengapa orang-orang yang memilihnya lari ke Prabowo dan bukan ke Megawati. Makannya ada kemungkinan kompetensi dari Prabowo," tutupnya.

(lam)

Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Gallery

Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Belum Ada Capres Kuat di Indonesia Belum Ada Capres Kuat di Indonesia

0 comments:

Post a Comment