Sunday, July 15, 2012

Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi

Ilustrasi (Foto: okezone)
Ilustrasi (Foto: okezone)

MAKALE- Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tana Toraja, AKBP Yudi AB Sinlaeloe menegaskan semua aparat Polres Tana Toraja harus bersikap netral menghadapi pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2013 mendatang.

Kapolres AKBP Yudi AB Sinlaeloe mengatakan, ada dua agenda penting yang akan dihadapi dalam waktu dekat ini. Dua agenda itu yakni, bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri serta tahapan pilgub Sulawesi Selatan. Khusus menghadapi tahapan Pilgub yang akan segera dimulai, seluruh jajaran Polsek, kepala satuan (Kasat), perwira dan semua personil polri di lingkungan Polres Tana Toraja harus netral.

Anggota Polri diinstruksikan tidak boleh memihak kepada salah satu pasangan calon yang bertarung di Pilgub Sulsel.
“Jangan ada anggota Polri yang coba-coba terlibat dalam politik praktis. Polri harus netral menghadapi tahapan pilgub yang sebentar lagi akan dimulai,” tegas Yudi di Mapolres Tana Toraja.

Yudi mengatakan, menjelang Pilgub Sulsel 2013, beragam isu berpotensi muncul di tengah-tengah masyarakat yang bertujuan untuk memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Anggota Polri hanya bertugas mengamankan jalannya tahapan pilgub agar berlangsung aman, tertib dan damai.

Bagi anggota Polri di lingkungan Polres Tana Toraja yang ketahuan memihak kepada salah satu kandidat di pilgub 2013, akan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

”Tugas polisi hanya sebagai pengamanan, pelindung dan pengayom masyarakat. Polisi harus mengedepankan sikap netral,” jelas Kapolres.

Perwira menengah Polri itu mengatakan, potensi-potensi yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban nasional (Kamtibnas) dalam pelaksanaan tahapan pilgub Sulsel 2013, harus dihadapi dengan perencanaan pengamanan yang jelas dan terarah serta melakukan tindakan yang terukur.

Yudi menambahakan, Polres Tana Toraja juga sudah mempersiapkan pengamanan di wilayah kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menjelang dan selama bulan suci Ramadhan. Jika tidak ada perubahan jadwal, Polres Tana Toraja akan melaksanakan gelar pasukan pengamanan bulan puasa. Personel polisi yang terlibat dalam pengamanan bulan puasa dan lebaran serta tahapan pilgub diharapkan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya.

“Kami sudah mempersiapkan pengamanan jelang bulan puasa dan jelang tahapan pilgub 2013,” ujarnya.
(Joni Lembang/Koran SI/crl)

Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Gallery

Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi Aparat Polisi Tak Netral di Pilgub Sulsel Bakal Kena Sanksi

0 comments:

Post a Comment