Wednesday, July 4, 2012

Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya

Anas Urbaningrum (Foto: Dok Okezone)
Anas Urbaningrum (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku sempat ditanya penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ihwal tudingan yang menyebut dirinya pernah menggelar pertemuan dengan petinggi PT Adhi Karya terkait proyek pembangunan Sport Center Hambalang, Jawa Barat.

"(Ditanyakan) apakah pernah ada pertemuan dengan orang PT Adhi Karya, saya bilang tidak pernah," kata Anas Urbaningrum usai diperiksa KPK, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2012).

Anas Urbaningrum keluar dari gedung anti-korupsi tersebut pukul 17.00 WIB. Di bawah kawalan ketat puluhan pendukung dan aparat polisi, dia segera meninggalkan KPK dengan menumpang kendaraan pribadinya, setelah diperiksa lebih dari tujuh jam.

Anas diduga pernah memerintahkan Direktur PT Dutasari Ciptalaras, Mahfud Suroso, meminta Adhi Karya untuk menyerahkan uang Rp50 miliar ke Yulianis. Menurut terpidana suap Wisma Atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin, uang tersebut digunakan untuk pemenangan Anas di kongres Partai Demokrat, Bandung, 2010.

Anas mengaku memang banyak memberi keterangan tambahan soal Hambalang ke penyelidik. Dia meyakini keterangannya tersebut bisa memperjelas status proyek yang belakangan diketahui menelan biaya Rp2,5 triliun tersebut. "Tentu banyak yang saya infokan dan klarifikasi. Saya yakin keterangan tambahan yang saya berikan hari ini akan memperjelas penyelidikan KPK atas kasus hambalang," tegas Anas.

Proyek Hambalang diduga beraroma korupsi pertama kali dibeberkan oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin. Di proyek tersebut, kata Nazar, terdapat kejanggalan pembangunan senilai lebih dari Rp 2,5 Triliun. Menurut Nazaruddin, Anas Urbaningrum terlibat, antara lain, di pengadaan sertifikat tanah Hambalang.

Anas sudah pernah diperiksa KPK soal Hambalang, pada Rabu pekan lalu. Anas membantah pernah memerintahkan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Demokrat, Ignatius Mulyono, untuk mengurus sertifikat tanah Hambalang, Jawa Barat.

(ded)

Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Gallery

Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya Anas Dicecar Soal Pertemuan dengan PT Adhi Karya

0 comments:

Post a Comment