Friday, July 6, 2012

Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam


JAKARTA - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amran Batalipu, menjadi tersangka pertama yang mengenakan baju seragam tananan di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mengenakan baju semacam blazer putih bertulis 'Tahanan KPK', Amran digelandang menuju sel tahanan setelah terlebih dulu diperiksa penyidik.

Amran merampungkan pemeriksaan intensif sekitar pukul 22.35 WIB. Di bawah kawalan dua petugas KPK, dia dibawa ke ruangan yang terletak di lantai dasar KPK dengan kedua tangan diborgol.

Tak sepatah kata pun terlontar dari Amran. Sambil tertunduk malu, dia seperti tak berdaya diboyong ke kamar barunya. Wajah Amran tampak pucat dan berkeringat.

Kelapa Bagian Informasi dan Pemberitan KPK, Priharsa Nugrha, membenarkan Amran memang mengenakan baju tahanan. "Ia perdana, untuk penghuni rutan KPK," katanya, Jumat (6/7/2012).

Amran ditangkap penyidik KPK di rumahnya, Buol, Jumat dini hari kemarin. Dugaan suap Bupati Buol terjadi setelah KPK berhasil menangkap tangan Manajer PT Hardaya, Yani Anshori, saat hendak menyuap Amran Batalipu, 26 Juni 2012. Namun, Amran ketika itu berhasil lolos dari penggerebakan karena dilindungi ratusan pendukungnya dengan cara menghalang-halangi tim penyidik.

Sehari kemudian, KPK menangkap lagi tiga petinggi PT Hardaya, Gondo Sujono, Sukirno, dan Dedi Kurniawan. Mereka ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, sehari setelah operasi tangkap tangan di Buol. Dua orang terakhir dilepas KPK.

Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan setelah Amran ditangkap,tidak tertutup kemungkinan kasus suap Bupati Buol bisa melebar ke sejumlah orang yang diduga terlibat dan berpotensi menjadi tersanggka. Namun, kata Bambang, KPK saat ini berfokus pada mendalami kasus suap yang sedang membelit Amran. "Amran menjadi tersangka penerima suap sedang yang lain sebagai penyuap," tutur Bambang. (ydh)

(mbs)

Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Gallery

Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam Amran Batalipu Jadi Tahanan Pertama KPK yang Kenakan Seragam

0 comments:

Post a Comment