Friday, June 15, 2012

Papua Seperti Negeri Terjajah

Ilustrasi Papua (Foto: Reuters)
Ilustrasi Papua (Foto: Reuters)

JAKARTA - Maraknya penembakan dan aksi kekerasan di Papua membuat warga pulau paling timur Indonesia ini terus dilanda ketakutan dan kecemasan. Keamanan seperti sudah menjadi barang mahal di provinsi ini.

"Seakan-akan dalam daerah jajahan. Saya melihat pemerintah sudah melakukan pembiaran kejahatan di Papua, elemen di TNI sudah melakukan pembiaran di Papua," kata intelektual muda Papua, Natalis Pigay dalam diskusi Polemik Sindo Radio di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2012).

Natalis pun memohon kepada Komisi I DPR untuk mendorong pemerintah agar tidak melakukan pembiaran. Sehingga warga Papua tetap bisa hidup layak sebagaimana dirasakan masyarakat Indonesia di daerah lain.

"Jadi yang diinginkan Papua adalah dialog yang konstruktif, yang berbicara mengenai rakyat Papua. Ada yang riak-riak meskipun besar atau kecil bisa berakibat, tapi ada riak-riak di lapangan yang menginkan mereka pisah dengan NKRI. Karena rakyat Papua menganggap pembangunan integrasi di Papua gagal," bebernya.

Riak-riak yang menginginkan berpisah, kata Natalis, antara lain menampilkan simbol-simbol, tarian, yang menggambarkan kekecewaan terhadap NKRI. "Mereka berbicara dalam konteks memerdekakan Papua. Tapi di sisi lain juga rakyat Papua menginginkan kesejahteraan, ingin berpartisipasi dalam NKRI," terangnya.

(ded)

Papua Seperti Negeri Terjajah Gallery

Papua Seperti Negeri Terjajah Papua Seperti Negeri Terjajah Papua Seperti Negeri Terjajah Papua Seperti Negeri Terjajah Papua Seperti Negeri Terjajah Papua Seperti Negeri Terjajah Papua Seperti Negeri Terjajah

0 comments:

Post a Comment