Tuesday, June 5, 2012

KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Elemen yang mengatasnamakan Gerak Indonesia mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi mengambil alih dugaan kasus korupsi Bank Bukopin di proyek pengadaan alat pengering gabah dari Kejaksaan Agung. Konsulat Nasional Gerak Indonesia, Karlan, mengatakan sejak ditangani Kejaksaan dari 2008, penanganan dugaan korupsi Rp76,24 miliar tersebut masih mangkrak.
 
"Karena itu, kami minta kasus ini diambil alih oleh KPK, karena penanganan di Kejaksaan Agung telah berlarut-larut," ungkap Karlan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2012).
 
Menurut Karlan, indikasi korupsi di Bank Bukopin terjadi setelah pengucuran kredit ke PT Agung Pratama Lestari senilai Rp 76,24 miliar selama tiga tahap pada 2004. Dalam pengajuan kredit tersebut, kata Karlan, PT Agung Pratama Lestari berencana menggunakan pinjaman itu untuk membiayai pembangunan 45 unit alat pengering gabah Drying Center pada Bulog Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.
 
"Namun dari hasil penyidikan diketahui bahwa kredit yang diterima nyatanya tidak digunakan sebagaimana permohonan kredit," terang Karlan.
 
Semula, di proyek tersebut PT Agung Pratama Lestari akan membeli mesin dengan merk Global Gea buatan Taiwan. Namun, kata Karlan, mesin yang dibeli justru  bermerek Sincui.
 
"Akibat praktik ilegal inilah menyebabkan terjadinya kredit macet di Bank Bukopin, yang terjadi secara terstruktur dan terencana," jelas dia.
 
Karlan mengatakan, Kejaksaan Agung telah melakukan penyidikan terhadap kasus ini sejak 2008 dan telah menetapkan tersangka sebanyak 11 orang. 10 tersangka di antaranya berasal dari manajemen Bank Bukopin selaku penanggungjawab penyaluran kredit dan satu orang sisanya dari PT Agung Pratama Lestari.

(ful)

KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin Gallery

KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin KPK Didesak Ambil Alih Korupsi Bank Bukopin

0 comments:

Post a Comment